Breaking News

June 23, 2020

Panorama Bukit Gadang Nan IX Salimpaung Sumber Pendapatan Baru Nagari dan Daerah


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Daerah  Tanah Datar akan terus  mendukung pengembangan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tanah Datar untuk bisa dikembangkan menjadi Potensi yang dapat mendatangkan incame bagi masyarakat dan Daerah. Salah satnya yang baru-baru ini diusahakan oleh Pemerintah Nagari Salimpaung khususnya  masyarakat Jorong Nan IX, Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung  yang beberapa tahun terakhir mulai mengembangkan Panorama Bukit Gadang sebagai salah satu objek wisata baru di Tanah Datar.

Panorama Bukit Gadang Nan IX enawarkan spot-spot  yang bisa menyaksikan sebagian wilayah Tanah Datar dari berbagai arah dengan hamparan sawah, bukit, deretan bangunan, membuat yang menyaksikannya merasa puas dan lega, seolah terbayar lunas perjuangan menuju puncak bukit yang menanjak dan berliku. Masyarakat yang berkunjung sangat antusias, tua muda, laki-laki atau perempuan datang ke puncak bukit. 

Tidak ketinggalan  Wakil Bupati Zuldafri Darma pun turut menyaksikan keindahan Panorama Bukit Gadang tersebut.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar, Wakil Bupati Zuldafri Darma mengungkapkan kekagumannnya atas keindahan alam ciptaan Allah Yang Maha Kuasa tersebut, pada saat meninjau sekaligus menyaksikan uji terbang paralayang didampingi Camat Salimpaung Abramis Yuzi dan Ketua KONI Tanah Datar Doni Eka Putra, Minggu (21/06) lalu .

“Ini tempatnya luar biasa, sangat kaya, sangat indah. Apalagi pengembangan menjadi objek wisata yang digagas pemuda dan masyarakat mendapat dukungan penuh walinagari, walijorong dan ninik mamak,” ungkap  Wabup.

Lebih lanjut Zuldafri sampaikan potensi panorama Bukit Gadang  yang sangat luar  biasa, akan menjadi sumber pendapatan baru bagi Nagari dan Daerah.

“Ini masih tahap awal, tahap uji coba dan sosialisasi kepada masyarakat, kita nantinya lokasi diminati wisatwan namun tidak ingin pelestarian alam terganggu, nilai agama, adat dan budaya menjadi luntur” pesannya.

Zuldafri akui fasilitas pendukung masih minim tetapi kurangnya fasilitas tersebut tidak mengurangi minat dan antusias masyarakat sekitar dan atlet paralayang datang.

“Ke depan, mengingat potensinya, lokasi ini akan menjadi catatan khusus untuk dikembangkan, kita berharap ini bisa diwujudkan bersama sehingga kunjungan masyarakat meningkat dan tidak tertutup kemungkinan wisatawan dan penggemar paralayang baik skala nasional maupun mancanegara akan datang” sampainya.

Sebelumnya Wali Nagari Salimpaung Marjohan didampingi Wali Jorong Nan IX Multa Ekris, mengatakan fasilitas yang sudah dilengkapi berupa jalan cor menuju puncak Bukit Gadang yang dibangun tahun 2019 dari APBD Kabupaten dan tahun 2020 ini juga sudah dianggarkan pembenahan lokasi melalui dana nagari namun ditunda akibat wabah Covid-19.

“Kami Pemerintah Nagari menyokong secara positif kegiatan pemuda yang sudah menggagas panorama Bukit Gadang sebagai objek wisata baru, mudah-mudahan menjadi perhatian pemerintah daerah, menjadikan salah satu arena olahraga paralayang di Tanah Datar apalagi Tanah Datar akan menjadi tuan rumah Porprov tahun 2022,” harapnya.

Sekretaris Panitia Panorama Bukit Gadang Rif An didampingi Ketua Bidang Promosi Masriwal menerangkan pemuda bersama masyarakat bercita-cita mengembangkan pariwisata di Jorong Nan IX salah satunya panorama Bukit Gadang.

“Kita mulai merintis panorama Bukit Gadang semenjak 6 tahun lalu, Alhamdulillah secara bertahap semakin diminati dan juga mendapat perhatian pemerintah nagari dan pemerintah daerah termasuk kunjungan Bapak Wakil Bupati hari ini,” sampainya.

Ditambahkan semenjak tahun 2019 sudah dikunjungi atlet paralayang dari beberapa daerah dan  berharap menjadi lokasi primadona. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!