Breaking News

Connect With us

June 3, 2020

Pemdes Kubang Tangah, Sawahlunto Fasilitasi Warga Buka Usaha Baru Ditengah Pandemi Covid-19


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Ditengah situasi Pandemi Covid-19 dimana semua kegiatan serba dibatasi, dan aktifitas kehidupan terutama roda perekonomian seolah-olah terhenti, sebenarnya kita dituntut untuk dapat melakukan inovasi-inovasi yang dapat menunjang dan menutupi masalah yang ditimbulkan di bidang perekonomian yang disebabkan wabah Pandemi ini. Tidak hanya bergantung mengharapkan bantuan dari Pemerintah ataupun uluran tangan para dermawan namun kita juga harus bisa memaksimalkan dan mengerahkan kemampuan yang kita miliki untuk melakukan hal yang bermanfaat untuk masyarakat dan diri kita.

Seperti yang dilakukan Sekelompok Pemuda Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto ini.  Tak mau terpuruk dalam situasi pandemi Covid-19 terus menerus, mereka melakukan usaha untuk membuka lapangan kerja baru.

Dipelopori oleh 7 orang pemuda, mereka  membuka lapangan pekerjaan dengan memulai membuka lahan kosong untuk ditanami berbagai tanaman pangan yang nantinya diharapkan dapat memperoleh penghasilan untuk membantu perekonomian mereka. Diantara tanaman yang diusahakan adalah Cabai Rawit.

Pembukaan lahan baru ini difasilitasi oleh Kepala Desa Kubang Tangah Rice Ricardo. Hal tersebut dilakukan agar dalam keterpurukan hampir di semua bidang karena dampak Pandemi  Covid-19 ,maka Rice memberi peluang pemuda di Desa Kubang Tangah untuk membuka usaha  berkebun.


 ‘’Sampai saat ini sudah 15 ribu batang cabe rawit yang ditanam, dengan harapan nantinya bisa membuka lapangan pekerjaan baru, misalnya sebagai pemetik buah cabe rawit. Usaha ini juga diharapkan  bisa juga membangkitkan gairah bertani dan berkebun bagi generasi muda sehingga angka pengangguran bisa berkurang dan tentunya ada kesibukan positif bagi pemuda di desa Kubang Tangah ini dalam mengisi waktu di sela-sela Pandemi Covid-19 ini’’ jelas Rice pada fokussumatera.com Selasa, 02 Juni 2020 di kantor Desa Kubang Tangah.

Rice berharap apa yang diusahakan oleh para pemuda ini dapat membantu mngatasi masalah perekonomian warganya di tengah situasi wabah Covid-19 ini hingga situasi dan kondisi kembali normal.

Rice juga mengatakan bahwa Pemerintah Desa Kubang Tangah akan selalu mengusahakan langkah-langah yang mungkin dapat diambil untuk membantu menumbuhkan kembali roda perekonomian masyarakat.

‘’Selain mengupayakan bantuan dari Pemerintah untuk masyarakat terdampak Pandemi Covid-19, kami Pemerintah Desa juga akan mengupayakan langkah-langkah yang mungkin bisa dilaksanakan untuk membantu hidupnya kembali ekonomi masyarakat, ini salah satunya memfasilitasi pemuda Desa untuk membuka usaha baru. Dan mudah-mudahan kedepannya kita juga dapat melakukan usaha-usaha lain untuk membantu masyarakat kita’’ ujarnya di akhir bincang-bincang dengan fokussumatera.com. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!