June 18, 2020

Pemkab Sawahlunto Galakkan Penanaman Seratus Pohon Kelor di Desa Santur


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintahan Kota Sawahlunto dibawah kepemimpinan Walikota Deri Asta, SH  dan Wakilnya Zohirin Sayuti selalu mengupayakan dan meningkatkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang, mulai dari bidang Ekonomi Pendidikan, Agama, Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, Pangan dan Pertanian hingga Bidang Kesehatan.

Mengingat kesehatan adalah kunci utama dan sangat penting untuk menunjang kegiatan dan aktivitas masyarakat, maka Pemko Sawahlunto melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto berkerjasama dengan Puskesmas Sungai Durian serta Kecamatan Barangin dan Aparat Desa Santur bersama sama melaksanakan gerakan penanaman seratus Pohon Kelor, untuk kebutuhan kesehatan masyarakat Desa Santur kedepannya. 

Daun Kelor  yang  biasa disebut ‘’Moringa’’  ini merupakan Super Food  yang dipercaya mengandung antioksida, mengandung gizi yang tinggi serta bisa membantu penderita diabetes dalam penyembuhan secara alami.  Oleh sebab manfaatnya yang banyak itu maka  Pemko Sawahlunto melakukan Gerakan Penanaman Seratus Pohon Kelor di Desa Santur, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Kamis, 18 Juni 2020.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Puskesmas Sungai Durian Dokter Desfarina yang biasa dipanggil dr.  Riri menginformasikan," Penanaman ini adalah upaya untuk penanggulangan stunting di Kota Sawahlunto, mengingat tanaman kelor memiliki nutrisi yang tinggi," ujarnya.

"Penanaman ini diutamakan pada kebun Dasa Wisma, rumah masyarakat yang memiliki balita. Dan nantinya akan kita bekali dengan pelatihan pengolahan daun kelor. Kita akan berkerjasama dengan tim PKK dan berdayakan ibu ibu pemilik anak balita," jelasnya.

Riri juga menambahkan tanaman kelor bisa dibuat makanan yang sehat dan enak bagi balita. Dengan upaya ini kedepannya tidak akan ditemui lagi kasus stunting di Kota Sawahlunto ini. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!