Siap Menyongsong ‘’New Normal’’, Perekonomian Kota Sawahlunto Mulai Menggeliat - Fokussumatera

Siap Menyongsong ‘’New Normal’’, Perekonomian Kota Sawahlunto Mulai Menggeliat

Share This

FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pasca dinyatakannya Kota Sawahlunto siap menyongsong New Normal oleh Walikota Deri Asta, SH, sejumlah pusat keramaian dan jajanan kuliner malam di Kota Sawahlunto mulai menggeliat kembali setelah hampir 2 bulan anjlok dihantam Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 ) pasca kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang ditindak lanjuti Pemerintah Kota terkait wacana PSBB dan tatanan Normal Baru.

Terlihat dari  pantauan Media (Sabtu malam 6/6) di salah satu pusat keramaian kota Taman Lapseg Sawahlunto 

Yanti Salah satu pedagang jajanan malam mengungkapkan rasa syukurnya terhadap kondisi ini.

"Alhamdulillah pengunjung sudah mulai ramai kembali baik yang ingin menikmati jajanan/kuliner yang ada ataupun yang sekedar ingin santai menikmati suasana malam. Semoga rencana penerapan New Normal di sini dapat terlaksana Pak’’ ungkapnya.

Sebelum pandemi , Taman ini menjadi pusat keramaian kota tua yg menyandang prediket mendunia dari UNESCO sebagai kota warisan dunia "Sawahlunto World Herytage".

Selain sebagai tempat penyelenggaraan even hiburan berstandar nasional maupun Internasional , taman ini juga sebagai salah satu pusat kuliner jajanan malam di kota arang tersebut.

Iwan salah satu pengunjung juga mengharapkan suasana dapat menjadi normal kembali ,  khusus nya bagi golongan ekonomi menengah kebawah seperti tukang ojek , pedagang dan buruh yang menggantungkan hidupnya dari perputaran uang setiap harinya.

Sambil tetap mengenakan masker ia berujar " Kami sudah lelah Pak , sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Semoga tak ada lagi warga yang Positive Corona dan dapat memulai kehidupan normal kembali meski sambil tetap  melindungi diri dan keluarga sesuai aturan yang di tetapkan Pemerintah’’ harap nya.

Dr. Al Ansari Ketua Sub Bidang Pencegahan Gugus Tugas Covid 19 Sawahunto saat disambangi di lokasi yang sama menyampaikan bahwa PSBB tahap III sudah akan berakhir dan akan memasuki tatanan baru atau New Normal.

"Aturan dan prosedurnya sedang  dibuatkan Perwako sebagai payung hukumnya.Kepada masyarakat kami berharap untuk selalu  mengikuti aturan sesuai potokoler Covid -19. Terapkan Physical Distancing , kenakan masker dan selalu rajin cuci tangan dalam setiap aktifitas’’ papar Al Ansari.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

.