Breaking News

June 7, 2020

Tanah Datar Jadi Percontohan Kampung PAUD Inkuiri ‘’Alam Takambang Jadi Guru’’

RILIS
Tanah Datar Jadi Percontohan Kampung PAUD Inkuiri ‘’Alam Takambang Jadi Guru’’

FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kabupaten Tanah Datar resmi menjadi Kampung PAUD Inkuiri “Alam Takambang Jadi Guru”.  Kabupaten Tanah Datar menjadi Kampung PAUD setelah dilaunching Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen didampingi Ketua HIMPAUDI sekaligus Bunda PAUD Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala OPD dan Kepala Bagian serta pengurus dan anggota Himpaudi Tanah Datar, Sabtu (6/6/2020) kemaren di Indo Jolito Batusangkar.

Menurut keterangan Jumas Tanah Datar, dalam launching turut disaksikan secara virtual oleh Dirjen GTK Kemendikbud DR.Irwan Syahril, P.hD, Ketua Umum PP Himpaudi Prof.DR.Netti Herawati, M.Si, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bunda PAUD Provinsi Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno dan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Tanah Datar yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada HIMPAUDI Tanah Datar bersama dinas terkait atas inovasi sehingga hadir Kampung PAUD Inkuiri ini.

“Atas nama pemerintah daerah, saya sampaikan terima kasih kepada Pengurus Pusat HIMPAUDI yang telah memilih Tanah Datar sebagai Kampung PAUD Inkuiri. Selamat kepada HIMPAUDI Tanah Datar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai fasilitator kegiatan ini, semoga apa yang dicanangkan bisa dilaksanakan,” ujar Suhermen.

Lebih lanjut disampaikannya, Pemkab Tanah Datar sangat mendukung kegiatan ini. “Tanah Datar dalam salah satu visi dan misinya memprioritaskan pembangunan SDM yang dimulai dari usia dini  dan tentunya apa yang dilaunching ini, bisa mendukung penciptaan generasi muda lebih berkualitas untuk turut sukseskan Indonesia Emas di masa depan,” ujarnya.

Namun, tambah Bupati lagi kata Suhermen, kegiatan ini dibutuhkan dukungan dan komitmen dinas terkait dan seluruh elemen terkait. “Tentunya untuk mewujudkan cita-cita besar ini dibutuhkan kolaborasi dan dukungan serta komitmen berbagai pihak di Tanah Datar, agar program ini berjalan baik di Luhak Nan Tuo,” tukasnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga menyampaikan dukungan dan apresiasi atas pilihan metode Inkuiri ini.

“Dari sekian banyak metode pembelajaran, PAUD telah memutuskan untuk memakai metode ini, tentu atas nama pemerintah provinsi, saya mendukung namun berharap fasilitator ataupun guru pendukung mengerti dan menguasai metode ini agar anak-anak bisa terdidik dengan baik,” ujarnya.

Di kesempatan lainnya Ketua Umum PP Himpaudi Ny. Netti Herawati menyampaikan penunjukan Tanah Datar untuk menjadi Kampung PAUD Inkuiri setelah dilakukan penilaian dan penelitian.

“Guru PAUD yang ada di Tanah Datar sangat luar biasa dan anak-anaknya juga sangat pintar sehingga yakin program kampung Inkuiri bisa dilaksanakan dan menjadi percontohan di Indonesia, terutama karena slogan Alam takambang jadi guru, adat basandi sara' sara' basandi kitabullah menjadi poin penting dalam PAUD Inkuiri ini,” ujarnya.

Di kesempatan lainnya Ketua PD HIMPAUDI Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi yang juga Bunda PAUD Tanah Datar menyampaikan, ucapan terima kasih atas kepercayaan Himpaudi Pusat dan Dirjen GTK Kemendikbud. “Terima kasih atas amanah dan dukungannya kepada Himpaudi Tanah Datar dan menjadikan Tanah Datar sebagai Kampung PAUD Inkuiri, namun tentunya untuk ke depan kami masih butuh dukungan dan bimbingan seterunya,” ujarnya.

Sebagaimana yang dimaksud dengan Inkuri, tambah Ny. Emi, metode ini dirasa cocok untuk dilaksanakan di Tanah Datar. “Inkuiri bisa diartikan sebaga proses bertanya dan mencari tahu jawaban terhadap pertanyaan ilmiah atau dengan memperoleh informasi dengan lakukan observasi untuk memecahkan masalah dengan kemampuan berfikir kritis dan logis, karena seperti kita tahu, karakteristik anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga dirasa metode ini pas untuk mencukupi rasa ingin tahu anak kita,” katanya.

Di akhir penyampaiannya Ny. Emi menyampaikan rasa syukur karena kegiatan ini terlaksanakan atas kolaborasi yang kuat antara HIMPAUIDI, IGTKI dan IGRA di Tanah Datar. “Semoga kolaborasi ini akan semakin meningkatkan kualitas PAUD dan menghasilkan generasi penerus yang memiliki pemikiran dan kualitas lebih baik di masa datang,” pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!