June 18, 2020

Terima Opini WTP Delapan Kali Berturut-Turut, BPK RI Berikan Apresiasi Luar Biasa atas Kinerja Pemkab Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Sinergitas dalam suatu Pemerintahan merupakan hal yang sangat penting dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam melaksanakan program pembangunan masyarakat dan Daerah. Untuk itu Pemerintah Daerah beserta seluruh jajaran Forkopimda, OPD terkait dan masyarakat harus senantiasa bersatu, saling mendukung dan saling melengkapi dalam menjalankan  Program-Program Pemerintah Daerah yang tentunya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Berkat kerja keras Pemerintah Daerah, Forkopimda, DPRD, OPD dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) delapan kali berturut-turut.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar, Kamis, 18 Juni 2020, hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih karena telah menerima  menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Barat Yusnadewi, SE, MM, Ak, CA, CSFA yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma di Ruang Rapat Gedung BPK RI Pewakilan Sumbar di Padang, Rabu, 27 Mei 2020 lalu.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi  dalam kesempatan terpisah   tersebut juga menyampaikan  terima kasih dan apresiasi atas prestasi yang diraih ini.

“Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperoleh opini WTP delapan kali berturut-turut adalah prestasi bersama, prestasi Pemerintah Daerah, DPRD dan dukungan masyarakat. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih,” sampai Bupati.

Terima kasih juga disampaikan bupati kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras. “Buah kerja sama dan komitmen yang kuat, kita kembali meraih WTP untuk ke-9 kalinya. Opini  pertama diraih pada tahun 2009 dan  dapat kita pertahankan untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut dari  2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019 ini,” pungkasnya.

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim BPK RI Perwakilan Sumatera Barat menyatakan LKPD Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tahun anggaran 2019 di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma, berhasil mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tentunya sebagai Pemimpin dan sekaligus mewakili masyarakat Tanah Datar, berharap agar kedepannya pengelolaan keuangan di lingkungan Pemda Tanah Datar semakin baik, dan Penghargaan seperti ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan. 

Sementara pada saat menerima  LHP  atas LKPD tahun anggaran 2019 dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri mengucapkan terima kasih kepada BPK RI perwakilan Sumatera Barat yang telah menyerahkan LKPD tahun anggaran 2019. “Terima kasih kepada BPK RI pewakilan Sumbar yang telah menyerahkan LKPD tahun anggaran 2019 sekaligus terima kasih atas bimbingan intensif yang dilakukan BPK RI kepada pemerintah daerah.dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Meraih opini WTP delapan kali berturut-turut, adalah perestasi yang sangat luar biasa bagi Kabupaten Tanah Datar,” ujar Zuldafri.


Sementara itu, Kepala BPK RI perwakilan Sumbar Yusnadewi, SE, MM, Ak, CA, CSFA pada saat menyerahkan LPH  mengatakan bahwa Pemerintah Tanah Datar sangat kooperatif dalam menindak lanjuti beberapa hal menjadi temuan yang biasa dialami setiap daerah hingga akhirnya meraih opini WTP di tahun ini.

“Ada beberapa hal yang harus segera ditindak lanjuti selama masa 60 hari ke depan, kita harapkan Pemkab Tanah Datar tetap semangat menindak lanjutinya minimal 80 persen. Mudah-mudahan dapat melebihi persentase itu,” ujar Yusnadewi.

Beberapa waktu silam BPK RI perwakilan Sumbar juga menyerahkan LHP LKPD kepada Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi didampingi Sekda Irwandi, Jumat (15/5/2020) lau.

Pada kesempatan itu BPK memberi apresiasi luar biasa terhadap Pemkab Tanah Datar, menurut Yusnadewi, karena dalam dua tahap penerapan pelaporan keuangan dan aset pemerintah, menggunakan sistem akrual, opini WTP tetap diraih, walaupun diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan covid-19.


Yusnadewi memujikan kinerja Pemkab Tanah Datar dalam mengelola keuangan dan aset daerah. Apalagi, ujarnya, meraih sembilan kali opini WTP, delapan kali di antaranya diterima berturut-turut setiap tahun, itu, membuktikan komitmen upaya nyata pemerintah daerah dengan DPRD untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah di Tanah Datar.

“Opini WTP yang diperoleh untuk LHP Tahun Anggaran 2019 ini merupakan momentum terbaik bagi Pemkab Tanah Datar. Opini tersebut menjadi kebanggaan bersama, bukan hanya bagi pemerintah daerah, tetapi juga bagi kami di jajaran BPK RI yang punya visi menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Wabup Zuldafri pada saat itu, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Inspektur Altri Suandi, Kepala Badan Keuangan Daerah Adrion Nurdal, Kepala Bagian Humas dan Protokol Yusrizal, Kepala Sub-Auditoriat Sumatera Barat I Novembris dan Kepala Sub-Auditoriat Sumatera Barat II Z. Ramdiansyah. (Z.Z.Dt.Malako/Adv)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!