June 25, 2020

Terkait Jalan Provinsi yang Rusak Parah, Warga Atar Tanah Datar Minta Anggota DPRD Sumbar Dapil 6 Berikan Perhatian Khusus


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Warga Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar kembali mengeluhkan kondisi Jalan Provinsi di sepanjang Nagari Atar yang saat ini dalam kondisi rusak parah dan sangat memprihatinkan. Meskipun Pihak Nagari telah memberitahukan hal ini kepada pihak terkait, namun keinginan warga Atar untuk menikmati jalan yang nyaman tak kunjung terealisasi.

Kali ini warga  Nagari Atar meminta  agar para Anggota Dewan  Perwakilan  Rakyat Daerah  (DPRD)  Provinsi Sumatera Barat Daerah Pemilihan (Dapil) 6 (Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya) agar dapat memberikan perhatian khusus  terhadap Jalan Provinsi yang rusak parah khususnya di sepanjang Nagari Atar ini.

"Kami sangat mengharapkan kepada seluruh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Dapil 6 untuk bisa memberikan perhatian khusus pada permasalahan Jalan Propinsi di sepanjang Kenagarian Atar, karena bukan hanya keadaan jalan yang rusak parah saja, tapi juga keadaan sepanjang jalan rimbun dengan semak belukar, bahkan ada yang seperti memasuki lorong dan goa karena jalan yang sudah dilingkari oleh pepohonan dan bambu serta rumput liar.Hal ini tentu sangat menghambat pandangan berlalu lintas di Jalan Propinsi ini. Tidak hanya itu saja tentunya juga menyebabkan resiko kecelakaan bagi para pengguna jalan’’  ujar salah seorang warga kepada fokusumatera.com yang juga langsung didengar oleh Babinkhantibmas Bripka Jon Eri Atra dan Kanit Intel Polsek Padang Ganting Bripka Ade Sumandal  yang juga meninjau aksi  para pemuda  Atar melakukan  goro menutupi badan jalan yang rusak parah tersebut.

‘’Melihat kondisi jalan yang seperti ini sudah seharusnya Pemerintah melalui Pihak terkait menganggarkan pemeliharaan berkala khusus untuk jalan, apalagi ini Jalan Provinsi dan juga merupakan jalan lintas’’ tambahnya.

Sedangkan Jasmadi, ST  selaku Anggota DPRD Tanah Datar mengatakan  ‘’Sangat memprihatinkan melihat kondisi  jalan dari Guguk Cino sampai Setangkai, padahal anggaran perawatan jalan rutin setiap tahun ada , kenapa  Jalan Propinsi ini tidak kunjung diperbaiki. Padahal laporan dan pengaduan ke atas dan pihak terkait sudah sering dilakukan’’ .

Wali Nagari  Atar Halyu Pardi waktu diminta komentarnya masalah Jalan Propinsi di sepanjang Nagari  Atar  ini hanya bisa geleng-geleng kepala, karena  Beliau mewakili Pihak Nagari  sendiri juga sudah melaporkan dan memberitahukan  kepada pihak terkait, bahkan sampai memberikan dokumen beserta foto keadaan Jalan Propinsi yang rusak di Nagari Atar tersebut.

‘’Rasanya sudah cukup laporan yang diberikan kepada pihak terkait, dari Pihak Nagari juga Anggota Dewan, namun ya beginilah sampai saat ini belum ada lampu hijau tanda-tanda jalan ini akan diperbaiki’’ ujar Halyu Pardi, Rabu, 24 Juni 2020 kemaren.

Namun warga Atar tak patah semangat. Dengan segala kemampuan yang ada mereka tetap melakukan upaya agar Jalan Provinsi yang membentang di Nagari mereka nyaman dilalui masyarakat pengguna jalan. Seperti yang disaksikan fokussumatera.com, para Pemuda Atar kembali melakukan penambalan jalan yang rusak seadanya,  baik dengan  memakai tanah maupun pasir yang didapat dalam sungai sepanjang  Jalan Propinsi ini. 

‘’Hal ini kita lakukan karena Jalan  Propinsi yang rusak parah di ruas jalan sepanjang Nagari Atar ini tak kunjung diperbaiki, padahal kerusakan sudah sangat parah dan mengancam keselamatan pengguna jalan. Kami melakukan ini  secara  swadaya bersama-sama. Meskipun tidak bisa memperbaiki keseluruhan ya minimal  apa yang kami lakukan bisa membuat jalan ini nyaman dilalui dan yang paling penting  agar mengurangi resiko  terjadinya  kecelakaan’’ kata salah seorang pemuda yang enggan disebut namanya.

Sementara  Babinkhantibmas Bripka Jon Eri Atra dan Kanit Intel Polsek Padang Ganting Bripka Ade Sumandal yang turut menyaksikan aksi Pemuda Atar menambal jalan tersebut, menyatakan sanggat salut dan bangga terhadap kekompakan warga Atar.

‘’Ini patut dicontoh, dan kami sangat mengapresiasi sekali apa yang dilakukan warga Atar ini, tingkat kepedulian terhadap lingkungan sangat tinggi. Kita berharap semoga dengan sering diangkatnya masalah ini oleh media, pihak berwenang akan segera mewujudkan keinginan kita, segera merealisasikan perbaikan Jalan Provinsi ini sebagaimana kita harapkan bersama’’ ujar  Bripka Ade sumandal.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!