Tinjau Jalan Yang Terban di III Koto, Wabup Tanah Datar Instruksikan Dinas PU Agar Lakukan Perbaikan Secepatnya - Fokussumatera

Tinjau Jalan Yang Terban di III Koto, Wabup Tanah Datar Instruksikan Dinas PU Agar Lakukan Perbaikan Secepatnya

Share This

FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Wakil Bupati Zuldafri Darma instruksikan Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Tanah Datar untuk melakukan perbaikan secepatnya jalan yang terban di Jorong Bonai karena akses jalan yang terban arus lalu lintas masyarakat cukup ramai dan kepada masyarakat dihimbau untuk berhati-hati saat meleawati kawasan rawan longsor jangan sampai terjadi hal yang tidak diingini.

Menurut keterangan Humas Pemda Tanah Datar, hal tersebut disampaikannya saat meninjau lokasi badan jalan yang terban di Jorong Bonai, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Jum'at (5/6) 2020 usai melaksanakan shalat Jum'at.

Wabup katakan ini kejadian yang tidak diduga-duga, akibat intensitas hujan yang tinggi dan lebat, selain bahu jalan yang terban banyak daerah di Tanah Datar yang juga harus diwaspadai terjadinya longsor.

Wabup tambahkan, bencana longsor sebelumnya juga melanda kawasan kandang itiak jorong Kubu Gadang Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan menyebabkan 5 rumah dan 1 mushalla terdampak, bahkan ada yang rusak berat dan tidak ada korban jiwa.

Di kesempatan itu wabup juga mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya banjir dan longsor.”Masyarakat perlu waspada dan hati-hati terutama yang tinggal di daerah rawan longsor, kalau rasanya membahayakan agar mencari tempat yang aman serta jika ada masyarakat perlu bantuan agar segera dilaporkan kepada walinagari, camat ataupun dinas terkait.

Pada kesempatan itu, Wabup Zuldafri meninjau dua lokasi, pertama  bahu jalan terban sepanjang 30 meter ruas jalan simpang MTsN 17 Tanah Datar  ke kantor Wali Nagari III Koto tepat di depan sekolah  MTsN 17 Tanah Datar  dan kedua ruas jalan Galogandang menuju Padang Lua (puncak pas) bahu jalan terban sepanjang 25 meter berlokasi di depan masjid Tauhid Jorong Bonai, Padang Lua, Nagari III Koto.

Berdasarkan pantauan di lapangan diduga longsor terjadi karena intensitas hujan yang tinggi dan resapan air yang tidak teraliri dengan baik dan membuat terjadinya pergerakan tanah yang tidak kuat menahan beban jalan.

Sementara itu Kepala Dinas PU dan PR Novi Hendri sampaikan, untuk perbaikan badan jalan yang terban akan dilakukan perbaikan dan pengedaman kembali yang akan menggunakan dana rutin pada Dinas PU.

Wakil Bupati Zuldafri Darma lakukan peninjauan ke lokasi longsor tersebut  didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Novi Hendri dan BPBD Kabupaten Tanah Datar. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

.