Breaking News

Connect With us

July 8, 2020

5 Calon Rektor IAIN Batusangkar Ikuti Assesmen Secara Daring


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi beberapa waktu lalu, kini 5 Calon Rektor Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar untuk periode 2020-2021 mengikuti tahapan Assesmen yang dilakukan oleh Komisi Seleksi Kementeian Agama (Kemenag) RI. Karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, seleksi dilaksanakan dengan sistem Dalam Jaringan (Daring). Namun demikian hal tersebut tidak mengurangi nilai dan kehikmatan, para Calon Rektor IAIN Barusangkar tetap antusias dan semangat mengikuti tahapan seleksi ini demi berjuang membangun IAIN Batusangkar lebih baik lagi.

Menurut informasi yang disampaikan Humas IAIN Batusangkar kepada fokussumatera.com siang ini, proses  Assesmen secara daring tersebut dilaksanakan pada hari ini,  Rabu dan  Kamis,  8 s/d 9 Juli 2020. Hal ini sesuai dengan surat dari Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No.B-1212/DJ.I/Dt.I.III/Ko.07.6/07/2020. Seluruh calon rektor IAIN Batusangkar harus mengikuti Assesmen yang akan dilakukan oleh Komisi Seleksi dari Kementrian Agama RI.

Acara Assesmen berlangsung di sebuah ruangan yang representatif untuk asesmen di kampus IAIN Batusangkar yang sudah dipersiapkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. 


Kelima calon rektor IAIN Batusangkar tersebut adalah (berdasarkan abjad):  Dr.Adripen, M.Pd; Dr.Akhyar Hanif, MA; Dr.Marjoni Imamora, M.Sc;  Dr.Suswati Hendriani, M.Pd dan Dr.Syukri Iska, M.Ag. 

Kelima Calon Rektor tersebut kesemuanya sudah memenuhi syarat administrasi dan sudah diberikan penilaian serta pertimbangan oleh Anggota Senat IAIN Batusangkar. 

Sementara Assesmen ini adalah proses yang terakhir untuk menentukan tiga orang calon yang akan ditetapkan satu orang untuk menjadi Rektor nantinya. Setelah selesai Assesmen maka Komisi Seleksi akan langsung melakukan Pleno untuk penetapan tiga orang yang akan diusulkan kepada Mentri. Untuk penetapan Rektor yang akan dipilih merupakan hak “prerogatif” Mentri Agama. Siapapun yang dipilih Mentri itulah yang akan dilantik menjadi Rektor IAIN Batusangkar periode 2020-2024 mendatang.

Keputusan Menteri adalah mutlak dan tidak bisa diprotes. Selama ini Panitia Penjaringan Calon Rektor IAIN Batusangkar sudah bekerja secara maksimal dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kelima calon Rektor tersebut adalah kader terbaik yang dimiliki oleh IAIN Batusangkar untuk menjadi Rektor.

Proses Assesmen ini sebenarnya sudah mesti dilakukan pada bulan Mei yang lalu karena jabatan Rektor sebelumnya berakhir pada bulan Mei 2020 yg lalu. Namun karena adanya wabah Covid-19 melanda negara kita proses Assesmen ini ditunda demi kebaikan bersama. 

Masa jabatan Rektor sebelumnya yang dijabat oleh Dr.Kasmuri, MA sudah diperpanjang semenjak bulan Mei sampai terpilih Rektor yang definitif.

Semua pihak kampus berharap agar siapa pun Rektor terpilih nanti dapat membawa kemajuan untuk kampus IAIN Batusangkar kedepan.

“Siapapun yang terpilih nanti harus kita dukung bersama. Tidak mesti ada konflik dan blok diantara para Dosen dan Karyawan. Jabatan Rektor itu hanyalah tugas tambahan bagi Dosen” ungkap Irwan Malin Basa menyampaikan pendapatnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!