July 8, 2020

Desa Kubang Tangah, Sawahlunto Kedatangan Mahasiswa KKN


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya Pengabdian Masyarakat, Sejumlah Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumatera Barat melakukan praktek lapangan  yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) . 

Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto menjadi salah satu sasaran KKN tahun ini. Mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Kubang Tangah antara lain adalah Mahasiswa/wi Unand dari tiga fakultas yaitu Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polotik (Fisip) dan Fakultas Ekonomi.

Rombongan Mahasiswa KKN ini disambut baik  oleh Pemerintah maupun masyarakat Desa Kubang Tangah. Hal ini terbukti para Mahasiswa/wi diikutsertatakan dalam kegiatan-kegiatan  desa.

‘’Suatu kehormatan bagi kami Pemerintah dan masyarakat Desa Kubang Tangah telah kedatangan tamu intelektual, yaitu Mahasiswa KKN. Kami terima dengan senang hati dan kami Pemerintah Desa mengikutsertakan adek-adek Mahasiswa ini dalam kegiatan Desa Kubang Tangah’’ jelas Rice Ricardo selaku Kepala Desa Kubang Tangah, Selasa, 07 Juli 2020.

Rice menyampaikan kepada para Mahasiswa Peternakan agar dalam KKN kali  ini untuk bisa memberikan ilmu dalam pembuatan pakan sapi dan pembuatan pupuk kompos kepada masyarakat Kubang Tangah.

 Sedangkan Ketua Kelompok KKN Findo Muhammad dari Fakultas Peternakan didampingi rekan-rekannya menjelaskan para mahasiswa sudah melakukan beberapa kegiatan tengah-tengah masyarakat termasuk pembuatan pakan ternak sapi di Kelompok Ternak Sapi di dusun Guguak Pawuah sedangkan pembuatan Pupuk Kompos baru tahap pembersihan lahan.

‘’Untuk Fakultas Peternakan Dosen Pembimbing Lapangannya Bapak DR. Ir.Jaswandi,MS’’ jelas Findo 

Nur Azizah dari Fakultas Ekonomi Unand juga menambahkan ’’Semoga  apa yang kami lakukan di tengah-tengah masyarakat Desa Kubang tangah bisa bermanfaat kedepannya. Sedangkan Dosen Pembimbing Fakultas Ekonomi Ibu DR. Ferinita, SE, M.Si.

Riri dari  Fisip juga berharap ‘’ Selama KKN bersama  di desa Kubang Tangah ini bisa berbaur dan mendapatkan nilai tambah bagi masyarakat maupun bagi Mahasiswa yang melakukan KKN. Untuk Dosen Pembimbing Lapangan  Fisip adalah Ibu Soviarisni, S.ip, MA dan Ibu DR.Tengku Rika Falentina , MA’’.

‘’ Insya Allah KKN ini dilakukan selama 30 hari’’ jelas para Mahasiswa ini. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!