Breaking News

Connect With us

July 10, 2020

Dukung Ketahanan Pangan Nusantara, Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK, M.Si bersama Forkopimda Tinjau Panen Raya di Nagari Cubadak


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam hal ini Kapolres  AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK, M.Si  bersama forkopimda Tanah Datar meninjau pelaksanaan Panen Raya Padi Kelompok Tani  (Keltan) Munggu Panjang, Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.  Setelah kemaren melaksanakan Panen Raya Padi di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang,  kali ini  giliran Nagari Cubadak melaksanakan Panen Raya Padi, Kamis, 09 Juli 2020. Kegiatan ini serentak digelar seluruh wilayah Indonesia yang dihadiri oleh Pemerintahan, TNI dan Polri dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nusantara ditengah pandemi Covid-19, sebagaimana telah diinstruksikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sebagaimana diinformasikan Humas Polres Tanah Datar kepada fokussumatera.com via pesan WhatsApp, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bentuk keseriusan Instansi Pemerintahan dalam meningkatkan kesedian pangan di tengah pendemi Covid-19. Saat ini Pangan merupakan sektor kekuatan ekonomi guna mensejahterakan masyarakat.Acara juga diselingi dengan makan Nasi Lamak Baluo dan minum Kawa Daun serta ditambah dengan musik tradisional Talempong Pacik.

Forkopimda Tanah Datar yaitu  Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK, M.Si ; Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Edi S. Harahap , Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat serta Kadis Pertanian Kabupaten Tanah Datar Yulfiardi  yang hadir meninjau Panen Raya tersebut ikut serta dalam memanen padi secara simbolis. Rombongan didampingi 65 orang yang tergabung dalam Keltan  Munggu Panjang Nagari Cubadak.

“Ada seluas 35 hektar sawah yang dimiliki kelompok tani munggu panjang dimana terbagi menjadi 2 hamparan. Untuk yang panen saat ini adalah 1 hamparan yang seluas 10 hektar yang terdiri dari kurang lebih 45 petak sawah” ujar Dt. Paduko Mawarlis sekaligus pimpinan Keltan Munggu Panjang.

Dt. Paduko menjelaskan bahwa Kelompok Tani Munggu panjang rata-rata menghasilkan 7 ton padi setiap hektarnya. Jadi dengan hasil padi tersebut, Nagari Cubadak selalu memiliki cadangan beras yang berlebih yang terkadang dikirim keluar daerah. Nantinya kelompok tani tersebut menggunakan keuntungannya dengan membangun lahan seperti pembuatan jalan baru dan pembuatan irigasi guna meningkatkan hasil panen.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK, M.Si mengatakan “Selain membantu masyarakat disaat jam dinas, di luar jam dinas pun personil TNI-Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga memiliki lahan pangan yang digarap sendiri guna mendukung ketahanan pangan di Kabupaten  Tanah Datar’’.

‘’ Jadi ditengah pandemi Covid-19 kita semua tetap produktif” ujar Kapolres Tanah Datar.

Sementara itu Wali Nagari Cubadak Asrizallis, S.Sos, M.Pd.I, MM, MH, M.Sn, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Forkopimda Tanah Datar atas dukungannya dalam hal ketahanan pangan.

‘’Terima kasih kepada Pemerintah Daerah beserta jajaran, Bapak Kapolres,Bapak Dandim, Kepala Kejari dan Bapak Kepala Dinas atas kunjungannya yang telah meninjau, memberikan dukungan serta arahan kepada masyarakat kami.Semoga melalui program ini Kabupaten Tanah Datar kedepannya bisa mewujudkan Swa Sembada Pangan’’ ujar Asrizallis. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!