Breaking News

July 25, 2020

Gelar Wawancara Bersama Wartawan FAKA, Pemko Sawahlunto Nyatakan Komitmen Kebijakan Pro Anak


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Jika  Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH biasanya diwawancarai oleh  wartawan dari berbagai Awak Media, namun kali ini ada sesuatu yang berbeda. Dalam pertemuan dengan Forum Anak Kota Arang (FAKA) kali ini, anak - anak Sawahlunto yang tergabung dalam forum FAKA lah  yang mewawancarai pemegang komando Pemko Sawahlunto itu. Momen ini dikemas dalam  acara ‘’Ngobrol Asyik FAKA bersama Walikota Sawahlunto’’, sebuah acara dialog santai FAKA dengan Walikota Deri Asta, yang diselenggarakan Jum'at ,  24 Juli 2020 kemaren.

Belasan pertanyaan diajukan oleh Ainun Mardiah dan Ilham Ronaldi yang menjadi Pembawa Acara (Host) dalam wawancara bertajuk bincang santai bersama Walikota Sawahlunto. Serentetan pertanyaan anak-anak FAKA itu pun dijawab Deri Asta dengan panjang lebar dalam suasana penuh keakraban diselingi canda tawa. Acara inipun ditayangkan secara langsung (live) pada akun Instagram FAKA dan Walikota Deri Asta, sejumlah penonton juga turut mengirimkan pertanyaan.

Ketua FAKA  Ilham Ronaldi mengatakan bahwa kegiatan ''Ngobrol Asyik bersama Walikota Sawahlunto'' ini merupakan salah satu inovasi FAKA dalam momen Hari Anak Nasional (HAN) 2020. Kegiatan ini selain untuk meningkatkan silahturrahmi dengan jajaran pimpinan kota, juga bertujuan melatih dan meng - upgrade kemampuan komunikasi anggota FAKA.

"Ini praktek langsung bagaimana berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dan dituakan, yaitu pak Walikota. Kami senang sekali, ini pengalaman berharga, telah menjadi ilmu yang akan terus berguna bagi kami" ujar Ilham. 

Ditambahkan Ilham, sebelumnya kegiatan ngobrol asyik ini juga telah diselenggarakan dengan narasumber Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti. Ngobrol bersama Wawako Zohirin Sayuti ini terselenggara pada Rabu 22 Juli 2020.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD - PPA) Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry mengatakan, kegiatan ngobrol santai dengan kepala daerah ini menjadi salah satu inovasi dalam penyelenggaraan Hari Anak Nasional (HAN) dalam masa pandemi Covid - 19 ini.

""Untuk kegiatan HAN seperti biasanya yang mengumpulkan anak - anak kemudian ada acara, memang tahun ini terpaksa tidak kita selenggarakan dahulu karena situasi pandemi Covid - 19. Untuk itulah, kita meriahkan HAN sekarang dengan pola lain seperti dialog santai ini" ujar Dedi Syahendry.

Usai diwawancarai para 'wartawan FAKA' tersebut, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasi dan dukungan pada FAKA. Dikatakan Walikota, dirinya telah melihat anak - anak Sawahlunto itu memiliki semangat dan kemampuan serta kecerdasan yang mumpuni, untuk itulah Pemko berkomitmen untuk terus mendukung penuh untuk perlindungan dan pemberdayaan anak.

"Seperti dalam wawancara tadi, bisa kita lihat bagaimana skill anak - anak ini sudah bisa dikatakan mumpuni. Dilatih dan dikembangkan sedikit lagi, ditambah 'jam terbangnya' maka mereka akan semakin hebat dan profesional. Inilah peran kita di Pemko, bagaimana memfasilitasi agar bakat dan kecerdasan anak - anak ini dilatih dan dikembangkan sehingga berbuah pada prestasi dan kemampuan diri" sebut Walikota Deri Asta.

Pemko, kata Walikota Deri Asta seperti yang disampaikannya pada ngobrol asyik tersebut, telah dan akan terus melakukan berbagai kebijakan/langkah - langkah untuk anak dan pelajar. Keberhasilan Sawahlunto mempertahankan predikat Kota Layak Anak (KLA) sampai pemberian baju seragam gratis pada pelajar SD dan SLTP menjadi salah satu contoh konkret kebijakan pro - anak tersebut.

"Selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2020. Anak Sawahlunto sehat, ceria dan berprestasi. Mari bersama kita lebih perhatian dan lebih menyanyangi anak - anak kita sehingga generasi penerus Kota Sawahlunto menjadi lebih baik" kata Walikota Sawahlunto Deri Asta.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!