July 29, 2020

GOW Tanah Datar Gelar Goro Bersama Ratusan Warga Pariangan, Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Gotong Royong (Goro)  dinilai sebagai tradisi budaya positif di tengah-tengah masyarakat yang diwariskan secara turun-teumrun. Melalui kegiatan Goro selain meringankan beban pekerjaan bersama juga menjalin silaturahmi yang melahirkan kerukunan dan persatuan di tengah-tengah masyarakat.

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Datar melaksanakan kegiatan Goro bersama masyarakat Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Selasa 28 Juli 2020. Dihadiri langsung oleh Ketua GOW  Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma bersama pengurus dan anggota lainnya, terlihat antusias dan semangat warga Pariangan dalam melaksanakan kegiatan Goro tersebut.

Informasi dari Humas Tanah Datar, Ny. Retri Zuldafri Darma  pada  kesempatan itu mengungkapkan, pelaksanaan Goro bersama masyarakat sebagai salah satu bentuk merealisasikan kegiatan GOW Tanah Datar yang menaungi 23 organisasi wanita. 

“Kegiatan Goro bersama masyarakat ini menjadi salah satu kegiatan bidang Sosial, Budaya, Agama, Kesehatan dan Lingkungan Hidup dan lokasi kali ini di Nagari Pariangan desa terindah di dunia” ungkap Ny.Retri.

Dikatakannya,  kunjungan dan keikutsertaan di Nagari Pariangan juga sebagai bentuk dukungan dan apresiasi GOW terhadap tradisi Goro di tengah masyarakat. 

“Goro menjadi sarana ataupun wadah bagi masyarakat menjalin silaturahmi, berbagi informasi serta membantu pelaksanaan pembangunan di nagari, apalagi di tengah keterbatasan APBD untuk pembangunan, Goro masyarakat sangat membantu dan berarti, maka tentu tidak salahnya kami menyampaikan apresiasi terhadap semangat masyarakat di jorong Guguak Nagari Pariangan ini” tukasnya.

Senada dengan itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr. Ermon Revlin menyampaikan apresiasi terhadap semangat Goro masyarakat yang masih tetap terjaga.
“Menyaksikan semangat dan antusias masyarakat untuk Goro, membuat saya terkenang masa kecil dulu, karena memang Goro sudah menjadi tradisi semenjak dahulu dan tentunya bisa tetap lestari sampai masa datang” ujarnya.

Ermon juga sampaikan terima kasih kepada GOW yang ikut mendorong semangat goro di tengah masyarakat. 

“Pemerintah daerah memberi apresiasi dan terima kasih dengan kegiatan GOW goro bersama masyarakat. Goro menjadi kekuatan pembangunan sebagai bentuk partisipasi masyarakat” ucapnya.     

Ermon juga katakan , Goro diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan di antara sesama apalagi menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) beberapa waktu ke depan.

“Kebersamaan yang telah terjaga selama ini, diharapkan terus terpupuk, jangan sampai terpecah-belah disebabkan pilihan berbeda dalam pilkada. Pilihan boleh beda, tetapi tidak merusak silaturahmi. Mari wujudkan Pilkada Badunsanak di Tanah Datar” harapnya.

Di kesempatan selanjutnya Wali Jorong Guguk ,Nagari Pariangan Harmaini menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan GOW terhadap Goro yang dilaksanakan. “Terima kasih atas kunjungan dan motivasi Ibuk-ibuk GOW, gotong royong GOW bersama warga menjadi penambah semangat kami. Semoga ke depan ada program dan kegiatan GOW lainnya yang dilaksanakan di sini” katanya.

Harmaini juga mengungkapkan, Goro di Nagari Pariangan sudah menjadi kebiasaan dan rutin dilaksanakan masyarakat. “Goro hari ini sudah menjadi kegiatan rutin 15 hari sekali masyarakat kami, dengan lokasi yang berganti. Alhamdulillah, setiap kali Goro, masyarakat selalu antusias dan ramai ikut serta, tidak hanya laki-laki, perempuan pun ikut serta” ujarnya.

Di kesempatan itu, GOW Tanah Datar menyerahkan bantuan alat Goro berupa sapu lidi dan tempat sampah. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!