Breaking News

Connect With us

July 23, 2020

Kelompok Ternak ‘’AJA Group’’ Ciptakan Pakan Ternak Sendiri


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Dalam situasi Wabah Pandemi Covid-19 dimana dampaknya rasakan secara merata oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk di Sumatera Barat, tidak terkecuali masyarakat  Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Meskipun Pemerintah telah mengupayakan mengatasi dampak tersebut dengan menyalurkan berbagai bantuan dalam bentuk Bantusn Sosial Tunai(BST) maupun Bantuan Langsung Tunai (SUMBAR) baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah yang intinya untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak wabah Virus Corona. Namun demikian bukan berarti masyarakat harus pasrah pada nasib dan hanya mengganntungkan harapan pada bantuan Pemerintah, melainkan harus bnagkit dari keterpurukan yang ada dan berusaha membangun kembali perekonomian yang sempat melemah akibat wabah Virus Corona ini. 

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Kubang Tangah bekerjasama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan pembinaan terhadap masyarakat dalam upaya peningkatan perekonomian. Salah satunya adalah Kelompok Ternak ‘’AJA Group’’ Desa Kubang Tangah. 

Pemerintah Desa Kubang Tangah  dengan dibantu Mahasiswa KKN  Unand melakukan terobsan baru melakukan pembinaan  dalam  Pembuatan Permentasi Pakan Ternak. ‘’Usaha yang melibatkan Mahasiswa KKN ini  dilaksanakan sebagai motivasi terhadap semua sektor untuk membangkitkan semangat usaha masyarakat di Desa Kubang Tangah’’ ujar Rice Ricardo selaku Kepala Desa.

‘’Kami Pemerintah Desa meminta para adik-adik yang KKN untuk membantu dan terjun langsung memberikan ilmu pengetahuan dan keahlian adik-adik ini untuk membantu kelompok-kelompok  masyarakat di Desa Kubang Tangah untuk membuat pakan ternak dan fermentasi Pupuk Kompos sehingga nantinya kelompok-kelompok Peternak yang ada bisa lebih meningkat dan berkembang kedepannya’’ tambahnya.

Rice menjelaskan bahwa Kelompok Ternak AJA Group dirikan tahun 2018 lalu, beranggotakan 16 orang dengan jumlah ternak 8 ekor dua diantaranya berasal  dari hasil iyuran wajib Anggota.

‘’Bertindak sebagai Ketua Kelompok David yang juga merupakan mantan Kades PAW tahun 2018-2019 yang lalu’’ jelas Rice, Rabu, 22 Juli 2020. 

Rice berharap dengan adanya pembinaan dan bantuan dari Mahasiswa KKN yang telah menyumbangkan ilmunya ini, Kelompok Ternak AJA Group kedepannya semakin maju dan berkembang dan juga bisa menjadi motivasi buat warga lainnya dalam berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!