Breaking News

July 17, 2020

Ketua Tim Wasev TMMD/N ke-108 Brigjen TNI Sulistiyono Apresiasi Progres TMMD di Nagari Panyalaian, Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa/Nagari (TMMD/N) ke-108 yang diketuai Brigjen TNI Sulistiyono, S.Sos, CFrA didampingi Kasiter Rem 032 Wirabraja Kolonel Kav. Husnizon bersama Bupati Tanah Datar diwakili Plh. Sekda Edi Susanto, Forkompinda dan Kepala OPD, lakukan peninjauan langsung kegiatan TMMD/N  ke lokasi yaitu di Nagari Panyalaian,  Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar kunjungan Tim Wasev tersebut dilaksanakan, Kamis, 16 Juli 2020.

Dalam kunjungannya tersebut Brigjen TNI Sulistiyono mengungkapkan, kedatangannya dalam rangka melakukan Pengawasan dan Evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD/N di Tanah Datar.

“Kedatangan kami atas perintah Bapak Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Penanggungjawab Operasional TMMD, guna melihat secara langsung pelaksanaan di lapangan, serta untuk mendapatkan saran/masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan yang akan datang” ungkap Sulistiyono yang juga menjabat Pa Sahli Tk. II Kasad Bid Komsos.

Brigjen TNI Sulistiyono menambahkan, TMMD/N dilaksanakan pada Desa/Nagari sasaran dengan melihat skala prioritas terhadap kebutuhan pembangunan. 

“Tentunya pelaksanaan TMMD/N di Nagari Panyalaian telah melalui pertimbangan dan kajian yang mendalam, terutama sinergisitas dengan program pemerintah daerah, sehingga selepas pelaksanaan program selama 30 nantinya akan diserahkan ke Pemda untuk dikelola ataupun ditindaklanjuti lagi” tambahnya.

Dan untuk pelaksanaan TMMD/N di Tanah Datar ini, tambah Sulistiyo, disampaikan apresiasi terhadap kinerja dan kerjasama Satgas Dandim 0307 Tanah Datar yang telah mampu bekerjasama dengan Pemda dan melibatkan masyarakat.

“TMMD/N di Panyalaian ini mampu membuka jalan baru sepanjang 2,8 KM dan melaksanakan berbagai kegiatan non fisik, kalau dilihat dari progres, dinilai sangat baik dan patut diapresiasi, namun tentunya apa yang dihasilkan tidak hanya sampai di sini, namun ke depan ditindaklanjuti oleh Pemda, sehingga semakin maksimal dimanfaatkan masyarakat” tukasnya.

Sementara itu Komandan Satgas TMMD/N yang juga Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi S. Harahap menyampaikan, selama 17 hari pelaksanaan TMMD/N sudah memberikan progres yang sangat baik sesuai yang diharapkan, walaupun ada kendala di lapangan.

“Pembukaan jalan baru sepanjang 2.800 Meter dengan lebar 6 Meter telah selesai 100% namun pengerasan jalan masih 27%, sementara untuk pemasangan gorong-gorong dari 3 direncanakan ternyata menjadi 16, namun progresnya sudah 95%,” ujarnya.

Sedangkan kendala yang dihadapi, tambah Dandim, kondisi cuaca yang lebih banyak hujan, kontur tanah lunak karena tipe tanah humus serta banyaknya titik aliran irigasi melintasi menjadi tantangan. “Walau ada tantangan dan kendala namun kita tetap optimis pelaksanaan bisa rampung, setidaknya menjelang tanggal 29 Juli nanti, dan berharap jalan yang telah dibuka memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, terutama meringankan biaya mengangkut hasil pertanian” tukasnya.

Sementara itu Plh. Sekda Edi Susanto menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung program TMMD/N karena memang dirasakan membantu berbagai program pembangunan.

“Program TMMD/N bertujuan merangsang dan meningkatkan rasa gotong-royong masyarakat, juga bisa mempercepat pembangunan di nagari serta bisa menjadi sarana sosialisasi berbagai kebijakan dan program yang langsung dilaksanakan bersama OPD terkait” ujarnya.

Di akhir penyampaian Edi Susanto juga berharap, pembukaan jalan membantu dan memudahkan bagi masyarakat untuk akses mengangkut hasil pertaniannya.

“Akses transportasi lancar dan mudah, tentu akan menekan biaya produksi seperti biaya angkut hasil panen. Dan dengan menekan biaya produksi tentu akan berdampak juga terhadap peningkatan laba serta dengan sendirinya juga berdampak terhadap ekonomi masyarakat” pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!