July 30, 2020

Nyalakan Semangat Kelompok, Penyuluh Perikanan Tanah Datar Berikan Bantuan Bibit Ikan untuk Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam rangka menyalakan dan memotivasi Kelompok Pembudidaya Ikan ‘’Mina Nan Enam’’ ,Penyuluh  Perikanan Kabupaten Tanah Datar Yuniarti Palar memberikan bantuan Bibit Ikan Nila kepada Pokdakan ‘’Minan  Nan Enam’’, yang diantarkan langsung ke lokasi kelompok di Jorong Tiga Batur, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Rabu, 29 Juli 2020 ba’da Ashar kemaren.

Melihat kegigihan dan semangat anak binaannya, Yuniarti Palar merasa terpanggil dan tergugah hatinya untuk memberikan bantuan bibit ikan agar Pokdakan Mina Nan Enam segera memulai Usaha Pembudidayaan Iakan sembari menunggu hasil Proposal bantuan yang telah diajukan kepada Dinas beberapa waktu lalu. Tidak tanggung-tanggung, Beliau rela merogoh kocek pribadinya untuk memberikan bantuan bibit kepada kelompok ini, dengan harapan ke depannya Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ bisa memajukan usahanya di bidang perikanan lebih baik dan lebih besar lagi.

Bantuan Bibit Ikan Nila sebanyak 500 ekor tersebut tentunya disambut dengan penuh suka cita dan tangan terbuka oleh Kelompok ‘’Mina Nan Enam’’ yang diwakili oleh Ketua Kelompok  Rena Mulia; Sekretaris Maryati, ST; Bidang Saprokan Hermiati; Bidang  Pemasaran Teti Jamra; Bidang Produksi Rika Maria serta disaksikan oleh beberapa orang warga setempat.

Sore itu juga Anggota kelompok langsung berjibaku untuk mempersiapkan Kolam untuk melepaskan bibit-bibit ikan tersebut.Mereka tampak penuh semangat dan antusias sekali menyambut bantuan Penyuluh sekaligus pembina kelompok, Yuniarti Palar ini.

Pada kesempatan tersebut, Yuniarti Palar berpesan agar Anggota kelompok senantiasa kompak dan bekerjasama dalam mengembangkan dan membangun usaha kelompok.

‘’Bibit ikan 500 ekor, jangan dilihat dari jumlahnya yang mungkin tidak seberapa, namun lihat maknanya. Ini saya serahkan sebagai bukti keseriusan saya selaku Penyuluh untuk membimbing dan membina kelompok ‘’Mina Nan Enam’’ , juga sekaligus untuk memotivasi kelompok agar lebih giat melakukan usaha pembudidayaan ikan. Tolong ini dipelihara dengan baik’’ ujar Yuniarti Palar.

Sebelumnya melalui pesan WhatsApp, Yuniarti Palar juga menjelaskan bahwa kunjungannya bersama  Kasi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan Imran, SP, Selasa, 28 Juli 2020 kemaren adalah dalam rangka melakukan Penilaian Kelas  Kemampuan Kelompok. 

Dijelaskannya Penilaian Kelas Kemampuan Kelompok boleh dilakukan  setahun setelah kelompok berdiri.

‘’Nah karena Pokdakan Mina Nan Enam sudah berdiri setahun malah lebih sudah boleh dilakukan penilaian kelas kelompok tersebut dengan indikator antara lain Perencanaan, Kemampuan Berorganisasi, Akses Kelembagaan, Kemampuan Wirausaha dan Kemandirian. Untuk Kelas kemampuan kelompok dalam perikanan ada iga yaitu Pemula (skoring 0-350), Madya (skoring 350-651) dan Utama (skoring 651-1.000), yang nantinya akan dikukuhkan oleh Wali Nagari untuk Kelas Pemula, Kelas Madya oleh Camat dan Kelas Utama dikukuhkan oleh Bupati’’ jelasnya dalam pesan WhatsApp.

‘’Nanti kelompok akan diberikan piagam pengukuhan sesuai dengan nilai yang diperoleh’’ tambahnya. (MR/Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!