Breaking News

Connect With us

July 24, 2020

Pemdes Kubang Tangah, Sawahlunto Motivasi Pemuda Manfaatkan Lahan Tidur Menjadi Lahan Produktif


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Sebagai upaya meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat serta pembinaan terhadap Generasi Muda sebagai generasi penerus pembangunan masyarakat dan bangsa, Pemerintah Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto telah melakukan pembinaan dengan memotivasi Generasi Muda  Desa Kubang Tangah melalui berbagai kegiatan positif yang dapat membentuk karakter, kepribadian, ketrampilan serta keahlian para  pemuda sehingga bisa terjun di tengah-tengah masyarakat dengan membawa manfaat dan perubahan untuk kemaslahatan masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggiatkan usaha pertanian yang telah dilakukan Desa Kubang Tangah beberapa waktu lalu, dengan membuka lahan-lahan tidur yang ada untuk dijadikan lahan produktif bagi usaha pertanian.

Pemuda Kubang Tangah yang tergabung melalui Kelompok Tani (Poktan ) ‘’ Naga Putih’’  yang  telah berhasil menyulap lahan tidur menjadilahan produktif  dengan memulai membuka usaha pertanian berupa penanaman Cabe Rawit. 

Dalam situasi wabah Covid-19 ini tentunya hal ini merupakan usaha yang luar bisasa dan patut diapresiasi. Dalam situasi keterpurukan ekonomi akibat Virus Corona,  anak-anak  muda  ini berusaha bangkit dan menciptakan inovasi dengan harapan dapat memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat yang sempat tercekat selama wabah pandemi.

Poktan Naga Putih yang  diketuai  oleh Naga Jonson ini beranggotakan antara lain Zamrud, Kurnia,iswardi, Lelai, Sipit dan Richard Anderson  sampai saat ini tetap bersemangat dan tak putus asa dalam berjuang menciptakan perubahan. Mereka bahu-membahu membuka lahan-lahan tidur untuk dijadikan peladangan Cabai  Rawit . 

Bermodalkan tekad dan semangat serta didorong penuh oleh Kepala Desa Kubang Tangah Rice Ricardo, membuat pemuda-pemuda ini trus berinovasi. Alhasil saat ini sudah 15 ribu rumpun Tanaman Cabai Rawit yang  berhasil mereka tanam dengan baik.

Berbekal ilmu yang terus ditimba dari berbagai pihak membuat usaha Poktan  Naga Putih mulai menampakan hasil. Tanaman Cabai Rawit mereka tanam sudah  mulai berbuah .

‘’Selain mengusahakan Tanaman Cabai Rawit Poktan Naga Putih juga akan mengembangkan usaha tani  untuk tanaman lainnya seperti Nuah Naga dan lain sebagainya,  sehingga bisa menjadikan suatu usaha berbasis ekonomi dan membuka lapangan kerja baru’’ jelas Ketua Naga Jonson yang didampingi Anggota ketika dijumpai fokussumatera.com di lahan Pertanian Cabai Rawit, Jum’at, 24 Juli 2020.

Sedangkan Kepala Desa Kubang Tangah  Rice Ricardo sesuai himbuan Walikota Sawahlunto  Deri Asta mengatakan untuk membangkitkan kembali berbagai bidang usaha kerakyatan setelah dilanda virus Corona maka Pemerintah Desa Kubang Kangah sangat mendukung semua kegiatan pemuda-pemuda  dan masyarakat dalam membuka lapangan kerja terutama di bidang pertanian ,peternakan dan perikanan.

‘’Semua ini mengingat Kubang Tangah mempunyai potensi yaitu lokasi dan lahan yang cukup luas, kedepannya jangan ada lagi lahan kosong di desa Kubang Tangah hendaknya. Semua lahan tidur bisa jadi lahan produktif dan memberikan hasil ekonomis pd masyarakat  Desa Kubang Tangah’’ jelasnya.

Rice juga menjelaskan bahwa Desa Kubang Tengah tetap melaksanakan Ibadah Shalat Idul Adha sesuai dengan Protokol Kesehatan. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!