Breaking News

Connect With us

July 21, 2020

Pemkab Tanah Datar Berikan Bantuan Pendidikan Kepada 535 Pelajar dari Dana APBD 2020


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar merealisasikan bantuan sosial pendidikan untuk 535 orang pelajar yang merupakan Putra-Putri Daerah Tanah Datar. Menurut keterangan Humas Tanah Datar, dana yang diberikan untuk sumbangan pendidikan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020. Acara penyerahan dilakukan  di aula kantor Bupati Tanah Datar, Senin, 20 Juli 2020 kemaren.

Bantuan diserahkan  secara simbolis oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH. Dengan adanya bantuan pendidikan ini  diharapkan dapat meringankan masalah biaya pendidikan Putra/Putri Tanah Datar  di masa sulit di balik wabah pandemi Covid-19 yang sedang melanda ini. Dari 535 pelajar yang menerima bantuan terdiri dari  470 mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri, 52 siswa SLTA dan 13 siswa SLTP.

Untuk mendukung progam ini, selain berasal dari APBD Tanah Datar juga ada program  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Tanah Datar ataupun bantuan perantau dan CSR BUMN/BUMD.

Pada tahap pertama sebanyak 229 orang disalurkan senilai Rp. 626.973.000,-. Tahap kedua dengan jumlah penerima sebanyak 106 orang senilai Rp. 248.554.000,- yang saat ini dalam proses finalisasi dan selebihnya direalisasikan akan di tahap selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup Zuldafri mengatakan Pemerintah Daerah Tanah Datar akan terus berkomitmen bahwa tidak ada satu pun anak Tanah Datar tidak mampu melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya, walaupun saat ini sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan percepatan Covid-19.

"Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sehingga bantuan ini tersalurkan dengan seksama, kita berharap bantuan ini menjadi motivasi belajar bagi ananda sekalian" ujar Wabup Zuldafri.

Dikatakan Wabup, salah satu program unggulan Tanah Datar yakni ‘’Program Gerbang Cerdas’’. Dengan program tersebut banyak siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan menjadi indikator terpilihnya Tanah Datar sebagai Kabupaten Terbaik dalam Pengelolaan Pendidikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat selama lima kali berturut-turut.
"Semua harapan tertumpu kepada generasi muda yang akan membawa Tanah Datar sejahtera di masa depan, daerah kita memang tidak mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah namun harus kaya dengan Sumber Daya Manusia (SDM) " ujar Wabup Zuldafri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi mengatakan bantuan sosial pendidikan itu berdasarkan surat Keputusan Bupati nomor 900/21/BKD-2020 dengan total keseluruhan sebanyak Rp. 1.246.375.000  untuk 535 penerima yang akan disalurkan melalui rekening penerima masing-masing.

"Kita mengundang sebagian penerima bantuan sosial pendidikan ini, kita lakukan secara simbolis mengingat suasana Covid-19, para peserta kita saarankan pula mengunakan masker dan menjaga jarak, mudah-mudahan bantuan ini digunakan sebaik-baiknya" ujar Riwandi.

Turut hair dalam acara tersebut  Inspektur Pembantu Erizalnur, Kabag Kesra H. Afrizon, Kabag Perekonomian Masni Yuletri, Kabag Pengadaan Barang Jasa Veri Winora dan Kepala TU Kesbangpol Fredi Khasbullah. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!