Breaking News

Connect With us

July 16, 2020

Pengurus LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan Periode 2019-2024 Dikukuhkan

16 Juli 2020

FS.Pessel(SUMBAR)-Pesisir Selatan-Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Pesisir Selatan dikukuhkan oleh Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M.Sayuti Dt. Rajo Penghulu, Kamis (16/7) di gedung PCC. Pada kesempatan itu hadir Bupati Hendrajoni, dan para undangan lainnya.

Pengurus LKAAM Kabupatan Pesisir Selatan periode 2019- 2024  itu, Ketua Umum,  Drs. Syafrizal, Dt Nan Batuah, Sekretaris Umum, Syafri Herpindo Dt Gamuak, serta wakil ketua, wakil sekretaris, bendahara dan bidang lainnya.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan janji setia yang dipandu Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, Dr. M.Sayuti Dt. Rajo Penghulu. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pati Ambalau, serta peresmian kepengurusan oleh Bupati Hendrajoni.

Bupati Hendarjoni pada kesempatan itu mengatakan, LKAAM memiliki peran penting dan strategis dalam menyokong pembangunan daerah di segala sektor.

Sementara niniak mamak merupakan jabatan yang istimewa, dengan jabatan yang diembannya niniak mamak memiliki ruang yang tidak terbatas dalam menyokong pembangunan," katanya.

Menurutnya pembangunan tanpa sokongan niniak mamak akan hambar dan begitu sebaliknya, pembangunan yang mendapat sokongan niniak mamak akan bernilai tinggi bahkan melebihi dari target.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkap bahwa niniak mamak memiliki peran yang strategis dalam menekan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan seperti perjudian, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

"Niniak mamak tidak memiliki batasan dalam mencegah terjadinya hal-hal tersebut, sehingga keberadaan niniak mamak juga strategis dalam meminimalkannya," katanya lagi.

Sebagai kepala daerah dan sebagai niniak mamak yang bergelar Datuak Bando Basau ia menekankan idealnya niniak mamak meneladani sikap-sikap mulia Nabi Muhammad SAW.

"Niniak mamak tidak hanya menjadi panutan keluarganya, namun ia juga menjadi panutan keponakan dan kaumnya bahkan masyarakat nagari, sehingga sikap-sikap mulia Nabi Muhammad perlu diteladani," ungkapnya. (03)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!