Breaking News

Connect With us

July 24, 2020

Tim Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Lakukan Kunjungan Verifikasi Lapangan CPCL Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kelompok Pembudidaya Ikan  (Pokdakan)  ‘’Mina Nan Enam’’ adalah  adalah salah satu Kelompok Pembudidaya Ikan yang terdapat di Jorong Tiga Batur, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Nama  ‘’Mina Nan Enam’’  terdiri dari 2 kata yaitu ‘’Mina’’ yang merupakan bahasa Sansekerta yang berarti Ikan. Sementara ‘’Nan Enam’’ adalah nama Suku Minangkabau yang terdapat di Jorong Tiga Batur, Nagari Sungai Tarab.

Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ yang dibentuk  tanggal 5 Maret  2019 lalu melalui  musyawarah Penumbuhan Kelompok  yang dihadiri 10 orang yang saat ini merupakan anggota Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ dan telah dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Wali Nagari Sungai Tarab Nomor  :  523/5/Pem-2019 27 Maret 2019 yang disyahkan Wali Nagari Sungai Tarab H. Emrizal, SE.

Berangkat dari perasaan senasib sepenanggungan dan ingin mewujudkan cita-cita mengubah kehidupan ekonomi ke arah yang lebih baik serta dapat membantu perekonomian keluarga, maka 10 Kaum Hawa ini sepakat menyatukan tekad untuk membuat usaha di bidang Perikanan. 

Bidang Perikanan dipilih karena adanya faktor pendukung yaitu lahan berupa kolam ikan yang tentunya memiliki potensi untuk dikembangkan dengan harapan kedepannya Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ bisa berkembang menjadi sebuah kelompok usaha yang sukses dan bisa menjadi pelopor perekonomian di tengah-tengah masyarakat. 

Adapun Anggota Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ yaitu :   Ketua Rena Mulia; Bendahara Maisyarah Syam; Sekretaris Maryati, ST; Bidang Saprokan Hermiati; Bidang Produksi Rika Maria; Bidang Pemasaran Teti Jamra; Bidang Simpan Pinjam Fitriani serta tiga orang anggota lainnya yaitu asing-masing Yuliarni, Rahmawati dan Yesi Sandra Yeni.

Dengan bimbingan Penyuluh Perikanan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Datar Yuniarti Palar, sampai saat ini Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ masih terus berusaha untuk berjuang mewujudkan cita-citanya. Di bawah bimbingan beliau yang selau sabar dan telaten dan tak henti-hentinya memberikan arahan serta motivasi, Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ telah berhasil selangkah lebih maju bermitra dengan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar.

Hari ini, Jum’at, 24 Juli 2020 Tim dari Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar melakukan verifikasi lapangan terhadap Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’  terkait dengan Proposal permohonan Bantuan Bibit dan Pakan Ikan yang telah diajukan  Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ beberapa bulan yang lalu. Namun karena situasi Pandemi Coivid-19, baru saat ini Tim dapat melakukan verifikasi langsung ke lapangan. 

Tim yang  hadir adalah Kasi Pemberdayaan Pembudidaya Ikan dan Nelayan Ir.Mairetmi; Pengawas Perikanan Ahli Pertama Jumaidi Efendi, S.Pi dan Penyuluh Perikanan Yuniarti Palar.

Sebelum melakukan verifikasi lapangan meninjau secara langsung lokasi Kolam Kelompok, Tim Dinas bebincang santai dengan anggota kelompok sambil meberikan informasi serta arahan seputar Pembudidayaan Ikan, di kediaman salah seorang anggota kelompok.

Dalam arahannya  Ir. Mairetmi menyampaikan bahwa Pihak Dinas Pangan dan Perikanan sangat mengapresisi dan mendukung kegiatan masyarakat dalam menumbuhkan kelompok-kelompok usaha khususnya Kelompok Pembudidaya Ikan/Pokdakan. 

‘’Dari Dinas memang disarankan untuk bergabung dalam kelompok. Apalagi di Tiga Batur ini sudah terkenal dan iedntik dengan perikanan. Selain itu potensi lahan/kolam  di Tiga Batur sangat banyak, hampir di setiap rumah mempunyai kolam sendiri. Ini berpotensi untuk dikembangkan’’ ujar Mairetmi.

‘’Namun untuk mendapatkan pembinaan dari Dinas terkait syaratnya memang harus bergabung dengan kelompok-kelompok, karena bantuan yang diberikan pun bersifat kelompok tidak perorangan. Jadi silahkan tumbuhkan kelompok di tengah-tengah masyarakat, bila perlu sebanyak-banyaknya’’ tambahnya.

Mengenai proposal prmohonan bantuan yang diajukan Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’, Ir. Mairetmi mengatakan bahwa Proposal kelompok sudah diterima beberapa bulan yang lalu. Namun karena adanya Wabah Virus Corona baru saat ini Tim bisa turun langsung melakukan Verivikasi  Lapangan yanitu meninjau Calon Penerima, Calon Lokasi (CPCL).

‘’Insya Allah anggaran untuk tahun 2020 ini sudah ada 10 Paket untuk 5 kelompok, dengan jatah masing-masing  2 paket perkelompok. Tapi ini belum bisa kami pastikan, karena wabah pandemi ini ada beberapa penyusutan anggaran. Tapi mudah-mudahan untuk kegiatan ini tidak kena penyusutan anggaran. Kalau tidak terganggu kegiatan kita ini, Insya Allah akan sampai kepada Pokdakan Mina Nan Enam’’ jelas Ir. Mairetmi yang akrab dipanggil Buk Mimi ini.

Ir. Mairetmi juga menyarankan kepada kelompok agar dalam memberikan data kepada Dinas hendaknya secara detail, karena data tersebut akan menunjang data yang dibutuhkan Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar.

‘’Karena data selama ini di Dinas adalah data yang lama, jadi kami harapkan dalam mengisi data misalnya luas kolam harap dicantumkan secara keseluruhan. Misalnya satu orang ada yang mempunya kolam lebih dari satu, jadi dalam proposal tidak apa-apa di tuliskan jumlah luas kolam seluruhnya, tidak harus luas satu kolam saja yang dicantumkan untuk satu orang. Justru itu yang kami harapkan untuk menunjang data kami di Dinas’’  harapnya.

Pada kesempatan yang santai namun serius itu, Ir. Mairetmi juga berbagi Tips  untuk menumbuhkan kegiatan kelompok dan menjaga kekompakan antara anggota kelompok diantaranya dengan mengadakan pertemuan sekali dalam sebulan yang diiringi dengan kegiatan keagamaan, misalnya dengan mengaji bersama sebelum membahas tentang perkembangan/masalah kelompok.

‘’Ini merupakan kegiatan positif yang bermanfaat, dan dengan sendirinya membawa pengaruh positif untuk ibu-ibu, misalnya dengan mengaji. Secara tidak langsung akan menumbuhkan kebiasaan baik membaca Al-Qur’an dan yakin dampaknya akan dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari’’ sarannya.

Ir. Mairetmi  berharap agar kedepannya Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ bisa sukses dan berhasil menjadi motivasi masyarakat lainnya khususnya di Jorong Tiga Batur untuk mengikuti jejak Kelompok ini.

Sementara itu Ketua Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ Rena Mulia mewakili kelompok mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim dari Dinas Pangan dan Pertanian Tanah Datar.

‘’Kami megucapkan terima kasih atas kehadiran Ibu dan juga Bapak dari Dinas. Dan kedepannya kami mengharapkan bimbingan dan arahan, serta pembinaan dari Dinas terkait sehingga kelompok kami Mina Nan Enam ini dapat berhasil dan lebih maju, sehingga apa yang dicita-citakan bersama yaitu merubah taraf kehidupan/perekonomian menjadi lebih baik lagi dapat terwujud’’ sampainya.

‘’Terima kasih juga kepada Ibu Yuniarti Palar selaku Penyuluh yang telah setia membimbing, mendampingi, membina dan menggiring kelompok kami sampai saat ini, dan Alhamdulillah seperti yang dikatakan Ibu Mairetmi tadi sudah selangkah lebih maju bermitra dengan Dinas’’ tambahnya.

Selesai melakukan bincang-bincang santai Tim Dari Dinas melakukan verifikasi lapangan dengan meninjau langsung ke lokasi kolam anggota KelompoK ‘’Mina Nan Enam’’.

Semoga kedepannya Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ sukses dalam menjalankan usahanya, tetap semangat meskipun nantinya belum ada bantuan dari Dinas/Pihak Terkait namun tetap semangat dan menjalankan usaha dalam artian tidak semata-mata bergantung pada uluran tangan/bantuan Pemerintah.  

Karena tanpa bantuan Pemerintah, sejatinya kita bisa berusaha dan berjuang untuk kehidupan sendiri. Seperti istilah yang disampaikan Ir. Mairetmi sambil meninjau kolam tadi ‘’Ibaratnya tanpa ada bantuan selama ini kita tetap akan makan/minum juga, Cuma biasanya kita yang hanya minum air putih saja, dengan adanya bantuan dari Pemerintah/Dinas minuman kita jadi  memiliki nilAI tambah menjadi teh manis, kopi atau bahkan  susu bukan air putih saja lagi. Sekarang Pokdakan Mina Nan Enam sedang menuju ke tingkatan tersebut’’. (MR/Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!