Breaking News

Connect With us

July 17, 2020

Tindak Lanjut PSDKU UNP, Pemko Sawahlunto Gelar Rakor dengan OPD Kota Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Untuk merealisasikan Program Studi Di luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) di Kota Sawahlunto, Pemerintah Kota Sawahlunto segera mengambil langkah tindak lanjut.  Pemko Sawahlunto mulai bergerak cepat.  Setelah minggu lalu melakukan peninjauan langsung ke lokasi lahan yang akan dibangun kampus PSDKU UNP tersebut,  Pemko Sawahlunto menggelar Rapat Koordinasi Tugas dan Peran Antar Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) guna mendukung program pembangunan PSDKU UNP di Kota Arang.

Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto Rapat Koordinasi tersebut digelar Kamis, 16 Juli 2020 yang dipimpin langsung oleh  Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti.  

Pada rapat tersebut  Zohirin Sayuti menyampaikan bahwa walaupun PSDKU UNP ini adalah ranah pendidikan, namun untuk membangunnya sekarang tidak bisa hanya bertumpu pada Dinas Pendidikan saja. Kerjasama dari berbagai OPD mutlak dibutuhkan, sebab itulah dalam rapat koordinasi tadi itu Wakil Walikota menekankan agar seluruh OPD dapat memiliki satu visi dan menjalin koordinasi yang optimal. 

"PSDKU UNP ini adalah peluang emas bagi kita untuk mewujudkan cita - cita adanya kampus di Sawahlunto. Maka jangan sampai peluang ini gagal dimanfaatkan, batal terlaksana karena antar kita di Pemko ini tidak siap, tidak saling mendukung bekerjasama dengan baik. Jadi sejak awal ini, kita memulai bersama - sama, ini pekerjaan kita bersama, semuanya berperan" kata Wakil Walikota Zohirin Sayuti dalam arahannya. 

Disebutkan Wakil Walikota, adanya kendala maupun kesalahpahaman dalam perjalanan melaksanakan pembangunan kampus untuk PSDKU UNP ini nantinya tentu hal yang wajar, namun jangan sampai membuat pekerjaan gagal terlaksana. Maka itu, Wakil Walikota Zohirin Sayuti berharap rapat koordinasi yang diselenggarakan itu dapat bermanfaat untuk menghindari kesalahpahaman. Karena itu, Zohirin menyarankan agar setiap ada perkembangan/progres baru atau pun ditemui kendala baru, segera dibahas dalam rapat sehingga tidak sampai ada kesalahpahaman. 

"Kabarnya, minggu depan tim dari UNP akan datang ke sini untuk rapat dan mempersiapkan perlengkapan administrasi. Maka, kita di sini juga sudah harus siap. Sehingga nanti kerjasama ini dapat berjalan lebih cepat" ujar Zohirin Sayuti. 

‘’Rapat koordinasi ini,  merupakan tindak lanjut untuk memastikan kesiapan OPD - OPD dalam mendukung PSDKU ini’’ tambahnya. 

PSDKU UNP yang akan dibuka di Sawahlunto dengan membuka 2 jurusan yakni Pertambangan dan Teknik Alat Berat. Jenjang pendidikan yang disediakan adalah Diploma III (D III). 

Pihak UNP merencanakan aktifitas perkuliahan sudah bisa dimulai pada Tahun Ajaran 2020/2021 ini, namun karena proses pembangunan ruangan belajar untuk PSDKU ini baru akan rampung di 2021, maka untuk sementara ini akan terlebih dahulu memakai eks SD Negeri 07 Muaro Kalaban untuk tempat perkuliahan. 

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril bahwa dalam perjanjian kerjasama (MoU) antara UNP dengan Pemko Sawahlunto menyepakati bahwa kewajiban dari Pemko Sawahlunto adalah menghibahkan tanah dan bangunan untuk digunakan UNP sebagai tempat perkuliahan. Sementara, untuk operasional perkuliahan sampai pada tenaga pendidik maupun proses penerimaan mahasiswa dan lainnya itu diurus dan dilaksanakan oleh pihak UNP. 

"Jadi ada 3 bangunan yang akan kita bangunkan untuk PSDKU UNP ini. Itu terdiri dari 1 ruang kantor ditambah 2 ruang belajar" kata Asril. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!