July 30, 2020

TMMD/N Ke- KE-108 di Nagari Panyalaian, Tanah Datar Resmi Ditutup


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pangdam I/Bukit Barisan yang diwakili Kasrem 032 Wbr Kol.Inf Amrizen menutup secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-108. TMMD/N di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar dilaksanakan di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto sejak 30 Juni 2020  lalu telah selesai dilaksanakan. Menurut keterangan Humas Tanah Datar penutupan digelar, Rabu, 29 Juli 2020 kemaren  di Gazebo Indojolito Batusangkar.

Pada kesempatan tersebut Kasrem 032 Wbr Kol.Inf Amrizen sampaikan sambutan tertulis Pangdam I/Bukit Barisan, pada tahun ini TMMD/N dilaksanakan pada Kodim Langkat, Kodim Tapanuli Tengah, Kodim Pekanbaru, Kodim Bengkalis, Kodim Batam dan Kodim Tanah Datar.

Pelaksanaan TMMD/N ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri“, dengan tujuan untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat, dengan hasil dapat langsung dirasakan oleh masyarakat setempat yang dilakukan secara bergotong -royong .

 “Saya sangat berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun dan teruskan semangat gotong-royong yang merupakan warisan asli bangsa.  Saya sampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat apabila ada perbuatan tutur kata prajurit selama melakukan kegiatan di lokasi TMMD,” sampai Kasrem Kol.Inf Amrizen.

Bupati Tanah Datar diwakili Plh. Sekda Edi Susanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan TMMD/N di Nagari Panyalaian.

“Pemerintah Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasih  kepada TNI dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan TMMD/N di Nagari Panyalain dan apresiasi kepada masyarakat yang telah ikhlas mengumbangkan harta benda berupa tanah, tanaman dan bangunan” ucap Edi Susanto.

“Kepada masyarakat juga diharapkan dapat memelihara dan merawat serta meningkatkan kualitas setiap sasaran kegiatan, sehingga sarana prasarana tersebut dinikmati dan dimanfaatkan oleh anak cucu kita dikemudian hari hendaknya” tambahnya.

Sementara sebelumnya Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S. Harahap dalam laporannya menyampaikan, TMMD/N bertujuan disamping memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat, juga untuk turut membantu Pemda Tanah Datar dalam rangka menyejahterakan masyarakat.

“TMMD yang dilaksanakan di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto mempunyai berbagai sasaran, seperti pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan sepanjang 2.800 meter dengan lebar 6 meter dengan biaya bersumber dari APBD Tanah Datar Rp. 1 milyar dan Mabes TNI 475 juta. Penyuluhan tentang Covid-19, sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyuluhan hukum dan narkoba, pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan sampai ke penyuluhan pertanian dan perikanan” terang Dandim.

Sedangkan untuk jadwal kegiatan, tambah Dandim, pra TMMD sudah dilaksanakan dari 7 sampai 29 Juni 2020 dan untuk pelaksanaannya dimulai 30 Juni sampai 29 Juli 2020. “Dalam TMMD ini melibatkan 150 orang personil satgas, 25 orang penyuluh dari OPD dan 50 orang masyarakat per hari, alhamdulillah seluruh kegiatan telah dilaksanakan 100 persen dan akan diserahkan kepada Pemerintah Tanah Datar” tukasnya.

Penutupan TMMD ditandai dengan pemukulan gong, penanda tangan dilanjutkan penyerahan hasil kegiatan TMMD serta penyerahan 1.000 paket sembako kepada masyarakat dan dilanjutkan peninjauan ke lokasi.

Turut hadir dalam acara tersebut  Kadis PMD Sumbar Syafrizal, , Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Persit Ny. Sri Bulan Hasibuan, Ketua Bhayangkari, Ketua Bundo Kanduang dan undangan lainnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!