Breaking News

Connect With us

July 27, 2020

Walikota Deri Asta, SH Goro Bersama Masyarakat Rajo Lunto Barat


FS.Sawahlunto (SUMBAR)- Masyarakat Rajo Lunto Barat, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto mengadakan Gotong Royong (Goro) merintis pembukaan jalan menuju kebun warga Dusun Titah Rajo Desa Lunto Barat di perbukitan. Goro yang dilakukan  Minggu pagi, 26 Juli 2020 kemaren ini dihadiri  Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH. Deri Asta terlihat begitu antusias dan semangat membantu masyarakat dalam melakukan Goro tersebut.

Jalan yang dirintis ini adalah merupakan Jalan  Utama yang dillaui masyarakat Titah Rajo ketika harus menuju kebunnya. Jadi keberadaan Jalan ini sangatlah dibutuhkan masyarakat sebagai akses kegiatan mereka dalam berkebun. 

Kepala Desa Lunto Barat,  Hendra benar-benar mengapresiasi baik kedatangan Kepala Daerah Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH yang telah sudi   dan berkenan membaur dengan masyarakat  melaksanakan goro masal membuka jalan ke kebun warga Dusun Titah Rajo. 

Hendra mengatakan jalan ini telah dirintis pembukaanya sejak tahun 2013 lalu." Namun masih sebatas jalan tanah, sehingga apabila hujan maka akan sulit bagi warga untuk mobilisasi ke kebun mereka. Jalan yang berada di lereng perbukitan,  dan konturnya mendaki dan menurun ini kalau basah tentu licin jika dilewati" ujar Hendra. 

"Saya berharap dalam anggaran tahun 2021 sudah masuk anggaran APBD sehingga bisa dicor dan bisa dilewati kendaraan roda dua" tambahnya. 

Disamping itu Hendra juga meminta kepada Deri Asta, SH selaku Walikota Sawahlunto untuk memberikan bantuan bibit Kopi kepada warganya, atau bentuk bantuan bibit lainnya yang dibutuhkan masyarakat untuk kebun mereka. 

Menanggapi keluhan dan permintaan warga Titah Rao mengenai fisik jalan dan bantuan bibit tersebut, Deri Asta mengatakan  untuk bantuan bibit saat ini pihak Pemko Sawahlunto baru menyiapkan bantuan bibit Pinang dan Manggis. 

"Untuk Kopi nanti kita akan koordinasi dengan instansi terkait,  Kopi jenis apa yang cocok untuk tanah yang ada di daerah kita ini.  Sehingga ketika ditanam tahan penyakit dan hasilnya baik dengan masa produktif cepat, istilahnya Kopi unggulan bagi kondisi tanah Kota Sawahlunto" jelasnya.

Terkait pembangunan jalan di Dusun Titah Rajo,  Deri Asta berikan reaksi yang positif, sebab masyarakat sudah bahu-membahu merintisnya sejak tahun 2013 agar bisa dilewati untuk berkebun di area perbukitan ini.  Pihaknya setuju untuk tahap awal dilakukan pengecoran.

" Yang jelas pihak Pemko pasti akan berusaha maksimal mencarikan solusi untuk peningkatan ekonomi dan pembangunan jalan ke kebun warga di Dusun Titah Rajo ini" pungkasnya.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!