August 27, 2020

BAZNas Kota Sawahlunto Serahkan Zakat 453 Mustahiq di Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Sebanyak  453 Mustahiq di Sawahlunto  menerima bantuan Zakat dari BAZNas Kota Sawahlunto. Bersama Pemerintah Kota, BAZNas selalu memberikan program-program bantuan bagi masyarakat kurang mampu. Total zakat yang disalurkan pada kali ini adalah sebesar Rp. 290. 500.000, untuk 453 mustahiq.

Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini mengatakan bahwa Penyaluran Zakat BAZNas tesebut dihadiri langsung oleh Walikota Deri Asta, SH pada Selasa, 26 Agurus 2020 kemaren.

Zakat yang disalurkan ini akan digunakan para mustahiq untuk  sejumlah kategori, yaitu untuk biaya hidup lanjut usia (lansia), bedah rumah, biaya sekolah atau kuliah dan modal usaha.

"Total zakat disalurkan, adalah Kecamatan Lembah Segar Rp. 44.700.000,-, Kecamatan Barangin Rp. 66.050.000,-, Kecamatan Talawi Rp. 90.600.000,- , Kecamatan Silungkang Rp. 89.150.000,- " kata Kepala Baznas Kota Sawahlunto M. Syarif. 

Adapun jumlah penerima zakat terdiri   :   Kecamatan Barangin ada 111 Mustahiq ; Kecamatan Lembah Segar sebanyak 95 Mustahiq; Kecamatan Silungkang sebanyak 122 Mustahiq dan di Kecamatan Talawi sebanyak 125 mustahiq.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan bahwa kerjasama Pemko dengan Baznas dalam penyaluran zakat sangat bermanfaat  dalam meringankan beban masyarakat kurang mampu sehingga dinilai sangat strategis dan harus terus ditingkatkan.

"Kita dari Pemko itu sudah punya kebijakan dan program dalam membantu masyarakat kurang mampu, ada bedah rumah, beasiswa dan bantuan seragam sekolah, modal usaha, bantuan untuk anak disabilitas dan warga lansia dan lain sebagainya. Namun, Pemko punya keterbatasan, sehingga belum menjangkau semuanya dan juga banyak yang bantuannya secara bertahap. Artinya memang belum mengcover (mencakup) secara keseluruhan" ujar Walikota Deri Asta.

Dikatakan Walikota, zakat yang disalurkan Baznas menjadi sangat strategis untuk melengkapi kesempurnaan itu. Masyarakat kurang mampu yang belum bisa difasilitasi dari bantuan Pemko, didukung dari zakat yang disalurkan Baznas. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!