August 27, 2020

Bekerjasama dengan Perusahaan Tambang, Pemko Sawahlunto Bangun Puskesmas di Tumpuak Tangah


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintah Kota Sawahlunto di bawah Pimpinan Walikota Deri Asta dan Wakilnya Zohirin Sayuti sangat peduli dan memperhatikan kebutuhan rakyatnya. Apapun yang menjadi kebutuhan masyarakat Kota Sawahlunto, Pemko selalu cepat tanggap dan respon untuk  berupaya memenuhi dan mencarikan solusi jalan  keluarnya.

Fasilitas kesehatan memang menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat. Mengingat pentingnya hal tersebut, keberadaan Puskesmas tentunya dibutuhkan dan menjadi kebutuhan yang sebenarnya wajib ada di setiap Desa/ Nagari.Terlebih di masa pandemi Virus Corona, keberadaan fasilitas kesehatan sebagai penunjang  dan pembantu sangat diperlukan.

Perduli akan hal tersebut, Pemerintah Kota Sawahlunto bekerjasama dengan Perusahan-Perusahan Tambang yang ada di Kota Sawahlunto akan membangun Puskesmas di Desa Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. 

Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini mengatakan, Walikota Deri Asta, SH  melakukan peninjauan lokasi ‘’Pembukaan dan Pematangan Lahan (Land Clearing)’’ untuk pembangunan Puskesmas Tumpuak Tangah tersebut Selasa, 26 Agustus 2020 kemaren.

Dalam waktu dekat pembangunan akan  segera dimulai dengan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan - perusahaan tambang di Sawahlunto. Sebelumnya, pembukaan lahan tersebut hampir ditunda pengerjaannya disebabkan keterbatasan anggaran.

Turut hadir bersama Walikota Deri Asta adalah  2 perwakilan pimpinan perusahaan yang akan ikut dalam membantu pembukaan dan pematangan lahan tersebut, yakni Direktur CV. PSPN Jaswandi dan Direktur CV. BMK Jhon Reflita.

"Bantuan dari teman - teman perusahaan tambang ini sangat berarti dan strategis sekali. Kita saat ini memang sedang terhambat keterbatasan anggaran. Alhamdulillah, teman - teman dari perusahaan ini bersedia bergotong royong bersama sehingga kita tetap bisa membuka dan mematangkan lahan ini sehingga 2021 kalau sudah clear maka pembangunan Puskesmas sudah bisa dilaksanakan" kata Walikota Deri Asta.

Deri Asta juga katakan bahwa  kerjasama Pemko Sawahlunto dengan perusahaan - perusahaan tambang lokal saat ini sedang terjalin baik dan akan terus ditingkatkan. Sebelumnya, untuk perbaikan jalan dan pembukaan lahan di Balai Latihan Kerja Sawahlunto di Parambahan Desa Batu Tanjung, juga dikerjakan dengan gotong royong bersama perusahaan - perusahaan tambang tersebut.

Lahan untuk pembangunan Puskesmas Tumpuak Tangah ini berada di perbatasan antara Desa Tumpuak Tangah dengan Desa Kumbayau di Kecamatan Talawi dengan luas  lahan mencapai 6.800 m2 (1,5 hektar lebih).(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!