August 26, 2020

Hari Ini Tanah Datar Nihil dari Penambahan Positif Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kabar baik berhembus hari ini di Tanah Datar. Setelah beberapa hari kebelakang terus menngalami penambahan kasus positif baru, namun hari ini Tanah Datar absen.

Selain tidak ada penambahan, ada juga 2  orang pasien positif Covid-19 dikabarkan sudah sembuh dan negatif Covid-19. Hal ini berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Laboratorium Kedokteran Unand Padang, yang disampaikan Diskominfo Sumatera Barat, hari ini  Selasa (25/08/2020).

Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini menyampaikan bahwa menuut keterangan Kabid P2P Dinkes Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan “Alhamdulillah dua pasien Tanah Datar yang dirawat di RSUP M Jamil Padang sudah dinyatakan sembuh, beliau dinyatakan positif pada tanggal 13 Agustus 2020 yang lalu. Mari kita doakan juga saudara-saudara kita yang lain bisa segera sembuh dan bisa berkumpul dengan keluarga serta beraktifitas seperti sediakala”.

Dijelaskan Roza melalui percakapan telefonnya, dua orang tersebut jenis kelamin perempuan usia 48 tahun tenaga medis di Puskesmas Rambatan dan ibu rumah tangga usia 89 tahun asal Simabur, Pariangan.

“Dari sampel yang diperiksa, untuk Tanah Datar tidak ditemukan yang terpapar Covid-19. Sampai kemaren sudah dilakukan uji swab sebanyak 2.068 orang dan yang sudah keluar 1.852 sampel, masih menunggu 216 hasil sampel lagi,” terangnya.   

Secara akumulatif, sampai hari ini 88 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan rincian, 15 orang sudah sembuh dan negatif, 2 orang meninggal dunia,   1 orang dirawat di RS Unand, 1 orang di RSAM Bukittinggi, 7 orang di RSUP M. Djamil, 4 orang di RS Rasidin Padang, 1 orang di BKPSDM Padang, 4 orang di RSUD Padang Panjang, 31 orang karantina di PPSDM Baso dan 22 orang isolasi mandiri. Untuk suspek 13 orang dan pelaku perjalanan 186 orang.

Senada dengan itu Kabag Humas dan Protokol di ruang kerjanya menyampaikan untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus melakukan test swab kepada warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kembali dari perjalanan dinas luar Sumatera Barat.

"Semua yang melakukan kontak dengan terkonfirmasi positif dan ASN yang baru kembali dari perjalanan dinas luar provinsi, seharusnya melakukan tes swab atas kesadaran sendiri, hal ini bukan saja baik untuk diri sendiri dan keluarga, tetapi  juga lebih untuk lingkungan,” sampainya.

Selama masa Adaptasi Penerapan Tatanan Baru  Produktif dan Aman Covid- 19 ini, Yusrizal kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di manapun berada, dengan selalu memakai masker baik di dalam maupun di luar ruangan, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, tetap menjaga jarak dengan orang lain walaupun dengan teman sendiri dan hindari kerumunan serta penting menjaga imun tubuh.

Yusrizal juga turut  mengajak masyarakat memberi dukungan dan doa kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mari kita berikan dukungan dan semangat kepada warga yang terkonfirmasi positif, do’akan bisa segera sembuh. Jangan sampai mengucilkan atau memberi stigma yang tidak baik kepada mereka,” pungkasnya. (Z.Z).

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!