Breaking News

Connect With us

August 15, 2020

Meski Tanpa Perayaan Meriah, Desa Data Mansiang Tetap Semangat Peringati HUT Kemerdekaan RI


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Desa Data Mansiang merupakan salah satu desa terkecil dan berpenduduksedikit dibanding desa-desa  lainnya  di Kotamadya Sawahlunto. Desa Data Mansiang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto ini diapit dua Desa yaitu Desa Tiga tumpuk dan Desa Batu Tanjung. Namun justru disinilah salah satu letak keunikannya, karena Desa Data Mansiang satu kesatuan dalam Kerapatan Adat dengan Desa Sijantang yang Notabene melompati wilayah Desa Batu Tanjung.

Desa Data Mansiang juga memiliki kultur kerukunan yang kuat satu sama lainnya, jiwa dan semangat gotong-royong yang masih tertanam kuat, terbukti setiap kegiatan gotong-royong masyarakat selalu beramai-ramai untuk datang dan mengenyampingkan urusan pribadi terlebih dahulu demi kepentingan bersama.

Setiap kegiatan yang dilaksanakan dan diprogramkan oleh Desa, masyarakat akan mengikuti dengan serius dan penuh antusias. Termasuk kegiatan Tujuhbelasan, biasanya pemuda/di akan giat mempersiapkan berbagai macam kegiatan, mulai dari kegiatan di lapangan seperti Panjat Pinang, Pacu Karung, Makan Krupuk dan lain-lain.

Namun ada yang berbeda pda perayaan HUT RI ke 75 saat ini, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini maka kegiatan sesuai himbuan Walikota Deri Asta, SH ditiadakan tetapi.

‘’Meski tanpa peringatan yang meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, namun hal ini tidak akan mengurangi arti dan makna hari kemerdekaan republik tercinta ini’’ jelas Ketua BPD Data Mansiang Anton Sarni, S. Pd saat dijumpai fokussumatera.com, Sabtu siang ini, 15 Agustus 2020.

Anton tambahkan, tahan depan akan membuat jalan Usaha Tani di pinggir sungai yang melintasi persawahan, sehingga nantinya masyarakat mudah untuk membawa hasil panen dan keperluan bertani lainny. ‘’Jalan tersebut nantinya juga akan dihiasi dengan berbagai bunga, sehingga indah untuk dipandang dan terawat dengan sendirinya’’ tambahnya. 

Kepala Desa Data Mansiang Aprinal menjelaskan dan menunjukkan kegiatan Desa Data Mansiang dalam menyambut dan memeriahkan HUT RI di masa pandemi kali ini dengan  membawa TIM fokussumatera.com keliling  Desa Data Mansiang.Meski tidak mengadakan kemeriaahan seperti perlombaan, namun Desa Data Mansiang telah ramai dengan pernak-pernik dan hiasan Kemerdekaan yang dapat mengobarkan semangat juang masyarakat.Berbagai umbul-umbul dan Bendera Pusaka telah berkibar di seluruh wilayah Desa Data Mansiang.

‘’Ini sesuai himbauan Pak Walikota Deri Asta, agar memeriahkan kemerdekaan, salah satunya dengan menghimbau warga memasang/mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Dan sudah dimulai dari tanggal 1 kemaren’’ jelas Aprinal.

Aprinal  juga menjelaskan menjelaskan kalau infrastruktur jalan Desa sudah hampir keseluruhan di rabat beton , kedepannya tinggal memelihara, merawat dan memperbaiki kerusakan.

‘’Disamping itu Pemerintah Desa didukung BPD serta seluruh elemen masyarakat akan tetap membangun sarana dan prasarana Desa sehingga betul-betul  baik dan bermanfaat buat masyarakat Desa Data Mansiang’’ jelas Aprinal dengan penuh semangat membangun Desa.

Sedangkan Sekretaris Desa Adipranata juga menyampaikan kembali harapan masyarakat Desa untuk memiliki sebuah mesjid dan berharap pihak-piha terkait bisa memfasilitasi hal ini. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!