August 21, 2020

Nagari Kumango Bangun Gedung KAN Representatif


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kenagarian Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar melaksanakan Pembangunan Gedung/ Balai Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) . Atas prakarsa Niniak Mamak Pemangku Adat, Pemerintah Nagari dan juga dukungan Para Perantau akhirnya Pembangunan Balai Adat KAN Nagari Kumango dapat direalisasikan.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar kepada fokussumatera.com hari ini, Peletakan Batu Pertama Balai Adat KAN Nagari Kumango digelar  Minggu, 16 Agustus 2020 lalu dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma.

Gedung KAN  yang representatif dibangun kembali karena  gedung yang lama sudah tidak layak dan perlu  direnovasi.

Ketua KAN Nagari Kumango A. Dt. Gadang Majo Lelo dalam sambutannya dihadapan Wakil Bupati Zuldafri Darma, menyampaikan  bahwa pembangunan gedung KAN yang baru ini berdasarkan kesepakatan dari Ninik Mamak, Wali Nagari dan perantau serta dukungan dari masyarakat.

Gedung KAN ini direncanakan dibangun tiga tingkat dengan biaya sekitar Rp. 1,5 miliyar yang akan dimanfaatkan untuk Sekretariat, Gedung Pertemuan dan Rumah Singgah, dengan sumber dana dari APBD melalui APB Nagari dan aspirasi anggota DPRD, swadaya melalui Yayasan Kumango Sakato, perantau dan masyatakat.

Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutannya sampaikan apresiasi kepada perantau yang siap bahu membahu untuk membangun nagari yang sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun nagari.

"Pemerintah daerah apresiasi perantau dan masyarakat yang telah berperan aktif dalam membangun nagari khususnya saat ini telah berperan dalam merencanakan pembangunan gedung KAN yang sangat representatif" kata wabup.
.
Wabup juga mengajak perantau memanfaatkan potensi yang ada untuk mengenalkan kepada daerah rantau masing-masing di antaranya keindahan alam dan tradisi silek Kumango yang sudah mendunia.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan pembanguan tahap awal oleh pengurus YKS sebesar Rp50 juta dilanjutkan dengan  peletakan batu pertama pembanguan gedung KAN nagari Kumango oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma, dilanjutkan perantau, camat, walinagari dan ketua KAN Kumango

Turut hadir pada acara tersebut Camat Sungai Tarab Afrizal, SE bersama  Forkopimca, Wali Nagari Kumango Iis Zamora, pengurus LKAAM Tanah Datar,  Pengurus Yayasan Kumango Sakato    Asri Nurdin, Tokoh Perantau, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!