Breaking News

August 14, 2020

Peringati Hari Pramuka ke-59, Kwarcab Sawahlunto Lakukan Ziarah ke Makam Tokoh Pramuka


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Memperingati  Hari Pramuka  ke 59 sujud kesetiaan dan penghargaan kepada Tokoh-tooh Paramuka, Kwarcab Cabang Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto berziarah ke Makam para Tokoh Pramuka. Acara ziarah dilakukan Jumat, 14 Agustus 2020, Selain Ziarah Kwarcab Sawahlunto juga menggelar kegiatan   Donor Darah.

Wakil Ketua Kwarcab Sawahlunto Tumpak Abdurrahman. S  menyatakan kegiatan hari pramuka kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karna upacara dilakukan secara virtual dari Istana Negara dan Kwartir Nasional. Sementara di Sawahlunto,  Ketua Kwarcab Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti beserta jajaran mengikuti uoacara Virtual tersebut di Ruang Rapat Balaikota , Rabu (12/8/2020) lalu.

‘’ Hari ini kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan ziarah ke makam tokoh pegiat pramuka yakni almarhum Kak Yuliar dan almarhum Kak Djamali . Beliau ini semasa hidupnya selalu aktif membina peserta didik pramuka serta aktif sebagai pengurus di Kwarcab Kota Sawahlunto’’  jelas Tumpak.

Sekretaris Kwarcab Sawahlunto Agustin menambahkan ‘’Kegiatan donor darah dilaksanakan di RSUD yang diikuti para pengurus kwarcab, Satuan Karya, Pembina gugus depan serta pramuka penegak’’.

“Sedangkan sebelumnya juga telah dilaksanakan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum pelayanan masyarakat dikota ini dan sekolah SLTP dsan SLTA “ jelas Agustin.

Ketua Kwarcab Sawahlunto Zohirin Sayuti yang juga sekaligus merupakan Wakil Walikota Sawahlunto ini mengatakan sangat apresiasi kepada segenap anggota pramuka yang telah melakukan kegiatan bakti sosial, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Apa yang dilakukan tersebut sudah sejalan dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka serta harapan yang disampaikan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pada Upacara Hari Pramuka ke-59 Presiden Joko Widodo secara virtual, Rabu 12 Agustus 2020 lalu” sebut Zohirin.

Ada dua gerakan yang diamanatkan buat pramuka saat ini, yang pertama, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak masyarakat berdisiplin mengikuti protokol kesehatan  dan yang kedua, gerakan kepedulian nasional untuk mengajak masyarakat saling membantu dan peduli sesama.

“Karna Dua gerakan tersebut sangat penting bagi adik-adik pramuka untuk mengasah jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan Dwidarma, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka’’ ungkap Zohirin.

Pengalaman selama menghadapi pandemi ini, selain sikap disiplin kita melihat pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyelesaian masalah perekonomian, kita membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Karakter disiplin akan bermakna jika didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi” harap nya  (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!