August 9, 2020

Silaturrahmi dengan Wartawan, Irwan Basir : Jadi Pemimpini Itu Harus Bisa Merangkul Semua Pihak


FS.Padang(SUMBAR)-Irwan Basir Datuak Rajo Alam melakukan silaturahmi pasca lebaran Idul Adha dengan puluhan wartawan di Villa Lakuak Belimbing, Kuranji Kota Padang, pada Minggu (9/8/2020).

Acara yang berlangsung santai ini juga dihadiri ketua BNPM Pauh IX, M. Fikar Dt Rajo Magek dan Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin itu harus bisa merangkul semua pihak.

"Kalau jadi pemimpin itu, kita harus merangkul semua pihak, karena masing-masing kita memiliki peranan dalam kehidupan ini di tengah-tengah masyarakat," ungkap Irwan Basir.

Dikatakan Irwan Basir, disamping bisa merangkul berbagai kalangan, pemimpin itu tidak boleh menyakiti, baik melalui perkataan maupun perbuatan.

"Tegas boleh, tapi tetap harus menyejukkan. Pemimpin yang berwibawa lahir dari sosok yang tidak melukai dan tau kapan saatnya tegas serta memberi apresiasi," katanya.

Menurut Irwan Basir Datuk Rajo Alam, sebagai makhluk sosial, setiap orang mestinya memiliki kepedulian sosial kepada yang lain, apalagi dalam kondisi pandemi.

"Pemimpin juga harus memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada orang yang dipimpinnya. Itu yang saya tekankan di mana saja dalam memimpin organisasi," kata Irwan Basir.

Dalam kesempatan tersebut Datuak Fikar mengatakan bahwa sosok Irwan Basir orang yang sangat peduli kepada sesama. Sama diketahui saat wabah pandemi terjadi Irwan Basir sangat cekatan dalam membantu masyarakat yang terdampak wabah dari China ini.

"Sosok Irwan Basir sangat rendah hati dan peduli terhadap kemanusiaan. Meskipun sibuk dengan segala aktifitasnya, Datuk IB begitu beliau kerap disapa, masih memperlihatkan empatinya terhadap warga masyarakat Kota Padang yang terdampak wabah corona," tukas Datuak Fikar.

Masih dikesempatan yang sama, anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif mengungkapkan bahwa sosok beliau merupakan tokoh yang bisa mengkaderkan putra-putri Kuranji untuk bisa berbuat bagi kemajuan Sumatera Barat,  Kota Padang khususnya.

"Datuak IB sukses dalam pembinaan kaum muda Kota Padang khususnya Kuranji menjadi tokoh yang berhasil saat ini, termasuk saya," ucap Zulhardi atau kerap dipanggil buya.

Peran Datuak IB sangat signifikan dalam pembentukan karakter anak muda untuk menjadi lebih baik, petuah-petuah dan ilmu yang diajarkan beliau sangatlah berguna, tambah buya.

Diutarakan Buya, Kuranji sangat bangga memiliki tokoh seperti Datuak IB yang memiliki jiwa leadership yang sangat bagus dalam mengayomi dan membina kaum muda, pungkas buya.

Datuak IB dalam penyampiaannya mengatakan bahwa pengkaderan itu diperlukan disetiap aspek lini, karena setiap masa ada pemimpinnya dan setiap pemimpin ada masanya. Jadi untuk melanjutkan pembangunan serta kemajuan suatu daerah haruslah memiliki pengkaderan yang bagus sehingga apa yang telah terlaksana saat ini akan tetap terus berlanjut.

"Jika tidak memiliki jiwa leadership, mustahil pengkaderan akan terjadi. Jadi kita semua harus mempelajari cara itu," ujar Datuak IB.

Selain itu Datuak IB berpesan agar kita harus memiliki rasa dan hati yang bersih, agar kita bisa memiliki rasa empati melihat saudara kita, tetangga kita bahkan orang yang kita tidak kenal sekalipun bisa kita bantu saat mereka membutuhkan pertolongan atau bantuan.

"Setiap manusia wajib membantu sesama baik dalam bentuk materi, pemikiran maupun tenaga, karena kodratnya kita ini merupakan mahkluk sosial yang hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain," pungkas Datuak IB.(M/Y**)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!