Breaking News

Connect With us

August 15, 2020

Sosok “Rusdi Saleh” Yang Peduli dan Suka Membantu Rakyat Badarai

15 Agustus 2020
FS.Padang(SUMBAR)-Kamis 13 Agustus 2020 sebuah Toyota Land Cruiser dengan basis legacy overland yang dimodifikasi dengan penambahan fitur-fitur modern tanpa menghilangkan model aslinya memasuki halaman Garis Cafe, tempat sebagian besar insan jurnalis media online Kota Padang berkumpul, di Jalan Pulai Jati No 225, Kampung Pinang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Tak berapa lama dari dalam mobil yang dikenal dengan sebutan hardtop yang memiliki tampilan kokoh dan macho itu keluar seorang pria yang tak lagi muda, namun berpenampilan keren dengan mengenakan t-shirt polos berpadukan celana ripped jeans plus sepatu boots kulit,  dengan topi sebagai aksesoris.
Pria keren serta bergaya klasik ini ternyata merupakan saudara dari Pemimpin Redaksi Majalah Tribarata Polda Sumbar dan media online pionirnews.com yang memang sedang hang outatau kongkow-kongkow di cafe tersebut.

Pemimpin Redaksi Majalah Tribarata Polda Sumbar, Firman Sikumbang lalu memperkenalkan saudaranya itu pada para jurnalis yang sedang rehat di Garis Cafe.”Kawan-kawan kenalkan abang saya dari Solok, namanya Rusdi Saleh,” kata Firman Sikumbang.

Begitu nama Rusdi Saleh dari Solok disebut, nyaris tak ada wartawan yang sedang berkumpul di cafe itu yang tak mengenal namanya. “Ooo…., nama itu sudah sangat kami kenal, namun sosoknya baru bertemu kali ini,” ungkap para jurnalis tersebut.

Meski Rusdi Saleh adalah seorang anggota DPRD Kota Solok, namun sosoknya lebih dikenal luas para jurnalis sebagai “perawat” rumah Allah dan pendiri sekolah gratis melalui Yayasan Darianis Yatim.

Pria kelahiran Solok 16 Oktober 1970 ini mengaku heran, pada hal perbuatan yang dilakukanya sejak tahun 2012 itu murni karena Allah dan tak pernah mengeksposnya di media massa, namun kenyataannya banyak juga diketahui khalayak. Dia malah khawatir terperangkap dalam rasa ujub dan ria. “Padahal tanpa kuasa Allah SWT, kita tidak ada apa-apanya,” kata Rusdi Saleh sambil meneguk kopi yang dipesannya.

Pada tahun 2012 itu kata Rusdi Saleh, dengan kondisi rumah masih mengontrak, ia berupaya mendirikan sekolah gratis di Kota Solok yaitu pendidikan anak usia dini (Paud) di bawah Yayasan Darianis Yatim yang didirikannya bersama H. Yenon Orsa. Beriringan dengan itu ia pun berupaya membantu biaya pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu.

“Alhamdulillah apa yang saya lakukan dirahmati Allah, reski saya pun bertambah. Selanjutnya dengan rezki yang diberikan Allah itu, dalam kondisi rumah masih mengontrak saya berupaya membangun masjid, merenovasi masjid dan meningkatkan status mushala menjadi masjid,” kata Rusdi Saleh.

Hari berbilang tahun pun berganti, tanpa terasa puluhan masjid dengan biaya puluhan miliar pula telah dibangun Rusdi Saleh di kota dan kabupaten Solok, bahkan sampai ke Kota Padang.

Bahkan di Kota Solok rumah Rusdi Saleh sering kedatangan tamu dari masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan ekonomi. “Selagi saya ada rezki, Insya Allah saya akan membantu mereka. Bahkan selagi saya bisa, saya berupaya pula memodali mereka untuk membuka usaha, agar mereka punya penghasilan tetap,” ungkap Rusdi Saleh.

Ternyata langkah yang dilakukan Rusdi Saleh selama ini membuat ia punya banyak teman dan saudara. Sehingga pada musim Pileg 2019 – 2024 ia diminta oleh teman dan saudaranya untuk maju sebagai caleg, agar bisa memperjuangkan rakyat kecil di lembaga legislatif itu.

Berkat dukungan teman dan saudara-saudaranya itu—tanpa mengeluarkan uang—akhirnya Rusdi Saleh terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024 dari Partai Amanat Nasional, dari daerah pemilihan (Dapi) Kota Solok 1.

Meski sudah berkiprah semenjak tahun 2012 dan setelah tercatat menjadi anggota dewan, akhirnya pemerintah kota berjulukan Kota BerasSerambi Madinah itu baru terbuka “matanya” untuk memberikan piagam penghargaan pada Rusdi Saleh terhadap kepeduliannya lewat Yayasan Darianis Yatim dalam membantu pembenahan sarana ibadah masyarakat.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Solok H. Zul Elfian, SH, M.Si didampingi Wakil Walikota Reinier, ST, MM kepada pelaksana harian yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh pada malam resepsi puncak peringatan HUT Kota Solok ke-49 yang digelar di gedung Kubuang Tigo Baleh, Senin malam 16 Desember 2019. (Febriansyah Fahlevi/I)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!