August 21, 2020

Sumatera Barat Bertambah 44 Kasus Positif, Alhamdulillah Tidak Termasuk Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pagi kemaren, Kamis 20 Agustus 2020 Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat yang juga sekaligus  Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal mengumumkan Hasil Pemerikasaan Sample Spesimen Covid-19 dari Laboratorium  Fakultas Kedokteran UNAND  sebanyak 1.777 spesimen dan Laboratorium  Veterenir Baso Agam sebanyak  171 spesimen.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar sore ini  yang dikirimkan melalui pesan singkat bahwa  Dinas Kominfo Sumatera Barat telah  menerima hasil pemeriksaan sebahagian sample spesimen yang dikirimkan oleh penanggung jawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc sebanyak 1.948 sample (Laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND 1.777 spesimen dan Laboratorium Veterenir Baso Agam 171 spesimen), dengan hasil sementara ditemukan  44 sample terkonfirmasi positif. Alhamdulillah ke 44 sample positif tersebut tidak termasuk Kabupaten Tanah Datar.

Adapun ke 44 sample tersebut adalah Kota Padang 29 orang; Kota Bukittinggi 4 orang;  Kabupaten Agam  1 orang; Kabupaten Padang Pariaman 6 orang dan Kota Padang Panjang 4 orang

Selain tambahan terkonfirmasi positif juga diikuti penambahan pasien sembuh sebanyak 9 orang.

Dalam laporannya Jasman Rizal menuliskan bahwa berdasarkan data yang ada, hampir semua yang terkonfirmasi positif mempunyai riwayat perjalanan/datang dari luar Sumatera Barat.

Untuk itu  Pemerintah tak bosan-bosannya meminta kepada seluruh masyarakat, sebaiknya sepulang dari luar daerah Sumatera Barat, agar manfaatkan  test LCR (Swab) gratis yang telah disediakan Pemrintah Provinsi  Sumatera Barat  diberbagai fasilitas kesehatan, termasuk Bandara.

Dalam hal ini kembali Gubernur membuat surat No. 360/194/Covid-19-SBR/VIII-2020 tanggal 19 Agustus 2020 tentang Himbauan Penegakan Protokol Kesehatan kepada Bupati dan Walikota untuk dapat secara tegas di masing-masing daerahnya.

Apapun yang Pemerintah lakukan, tanpa adanya dukungan masyarakat untuk mematuhinya, yakinlah bahwa pandemi ini tidak akan berakhir.Untuk itu diharapkan kesadaran masyarakat untuk secara sadar mematuhi semua protokol kesehatan yang telah disampaikan.

‘’Mari kita perangi bersama-sama pandemi Covid-19 ini sesuai dengan potensi dan kekuatan kita masing-masing, dengan tetap berfikir positif demi masyarakat kita semua’’ tulis Jasman Rizal dalam laporannya.

Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan dan penyesuaian data lebih lanjut, dapat dilihat di website resmi Pemprov Sumbar, yaitu di  https://www.sumbarprov.go.id/. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!