September 12, 2020

Air Terjun Palano Lengayang, sangat potensial terus dikembangkan.

12 September 2020

FS.Pessel(SUMBAR) - Objek wisata Air Terjun Palano, Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, bakal dikembangkan menjadi  tanaman Anggrek Putih sebagai ikon pariwisata setempat. Sabtu (12/9)

“Ya, sebab tanaman Anggrek Putih ini sangat mudah kita temui di kawasan Air Terjun Palano. Bunga cantik ini, bakal kami jadikan sebagai ikon wisata,” ujar

Sekretaris Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Tunas Muda Bersama, Debi Nispi sebagai pengelola mengatakan, tanaman Anggrek Putih sangat mudah ditemui di kawasan Air Terjun Palano.” Bunga cantik ini, bakal kami jadikan sebagai ikon wisata,” ujarnya.

Pihaknya secara bertahap  bakal memperbanyak tanaman tersebut di lokasi objek wisata tersebut, sehingga kedepan kawasan  Air Terjun Palano akan lebih memunculkan nuansa taman Anggrek Putih.

“Kami  berencana memperbanyak media tanam polybag, dengan harapan bisa dijadikan sebagai buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini,” ucapnya lagi.

Sebagai objek wisata yang baru dikelola pihak BUMNag, berbagai sarana dan prasarana pendukung terus dibangun di lokasi agar terlihat tercelak, termasuk akses jalan. Debi Nispi merasa bersyukur, karena kendaraan roda dua dan empat sudah bisa langsung sampai ke lokasi Air Terjun Palano. ” Tetapi pengunjung sebaiknya datang ketika tidak musim hujan, karena masih jalan tanah dan cenderung becek,” katanya.

Selanjutnya, melalui kerjasama BUMNag dengan UPTD Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Pesisir Selatan juga telah dibangun akses jalan dari jalan induk ke lokasi air terjun, pos jaga, tempat parkir dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala UPTD KPHP Pesisir Selatan, Madrianto yang dikonfirmasi, menyebutkan objek wisata Air Terjun Palano merupakan salah satu objek wisata yang sangat potensial jika dikembangkan sesuai aturan dan prosedur.

Menurutnya, di lokasi terdapat beberapa titik air terjun yang jernih dan menawarkan nuansa keindahan alam yang beragam, sehingga wisatawan yang datang tidak akan jenuh berlama-lama.(01)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!