Breaking News

September 21, 2020

Audiensi dengan Wabup, Masyarakat Paninjauan X Koto Ingin Kembangkan Agro Wisata



FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah  Datar memiliki  topografi wilayah yang berpotensi dikembangkan sebagai kawasan Agro Wisata. melihat potensi yang tersebut, masyarakat Paninjauan  berkeinginan agar Agro Wisata benar-benar bisa dikembangkan di wilayahnya. Perbaikan sarana prasarana berupa jalan, irigasi, dan lainnya menjadi harapan masyarakat yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kota Padang Panjang tersebut.


Menurut keterangan Humas Tanah Datar keinginan tersebut terkemuka Haldalam kegiatan dialog/audiensi bersama Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Jum'at, 18 September w020 kematen.


Dalam acara yang digelar di Gedung Serbaguna  Nagari Paninjauan tersebut hadir sejumlah Tokoh Masyarakat Nagari Paninjauan X 


“Hasil dari diskusi tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda, kami berkeinginan sektor Agro Wisata dikembangkan di sini, yang nantinya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi anak nagari. Untuk mewujudkan itu, mohon dukungan pemerintah kabupaten melalui perbaikan infrastruktur seperti jalan, irigasi dan lainnya. Selain itu Paninjauan merupakan pintu masuk ke Kota Padang Panjang. Kemajuan Padang Panjang akan menjadi cermin bagi kami masyarakat Paninjauan yang diharapkan bisa berdampak juga terhadap kemajuan Paninjauan” sampai GJ Dt. Sinaro Panjang salah seorang Tokoh Masyarakat yang juga Ketua KAN Paninjauan.


Sebelumnya Wali Nagari Paninjauan, IC Dt Batuah Nan Kuniang menyambut digelarnya audiensi Wakil Bupati Tanah Datar dengan tokoh masyarakat. “Melalui kegiatan ini, menjadi sarana silaturahmi antara pimpinan daerah dengan masyarakatnya sekaligus menyampaikan aspirasi terkait dengan pembangunan di nagari,” ucapnya.


IC Dt Batuah Nan Kuniang di kesempatan itu menawarkan lahan untuk pembangunan kantor Camat X Koto di wilayahnya tanpa biaya ganti rugi.


“Menyikapi tuntutan kemajuan X Koto ke depan, kami masyarakat Paninjauan bersama ninik mamak dan unsur masyarakat lainnya bersedia menyediakan lahan pembangunan kantor Camat X Koto yang baru di lahan kami tanpa perlu pemerintah daerah mengeluarkan biaya ganti rugi,” sampainya lagi. 


Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah nagari dan seluruh unsur tokoh masyarakat Paninjauan yang berperan aktif mendukung pembangunan, salah satunya kerelaan penyediaan lahan secara gratis tanpa biaya ganti rugi.


“Inilah yang disebut partisipasi masyarakat untuk kemajuan bersama, kalau hanya mengandalkan anggaran pemerintah daerah yang terbatas, lompatan-lompatan kemajuan akan sulit diraih" tutur Zuldafri yang juga didampingi Camat X Koto Khairunnas Y.


Zuldafri juga mengakui potensi pertanian dan pariwisata Kecamatan X Koto termasuk Paninjauan sangat luar biasa.


“Kecamatan X Koto termasuk salah satu sentra produksi sayur-sayuran di Tanah Datar, dengan alam yang indah dan sejuk. Pemerintah daerah sangat mendukung untuk menjadi daerah agrowisata, selaras dengan program pemerintah daerah. Untuk itu perlu sentuhan dan pengelolaan yang tepat sehingga bisa membuka lapangan kerja baru yang berimbas kepada peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!