September 7, 2020

Hadapi Cuaca Ekstrim, BPBD Sawahlunto Siapkan Personel Terjun ke Lapangan


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Musim penghujan kali ini juga diikuti dengan keadaan cuaca yang ekstrim dan sering diiringi dengan angin kencang yang berpotensi bahaya terutama bagi para pengendara yang melintasi jalan-jalan umum. Menghadapi cuaca ekstrim ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto telah mempersiakan personel yang siap terjun ke lapangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kesbangpol dan BPBD Sawahlunto Adriyusman, bahwa BPBD Sawahlunto telah menyiagakan 24 jam anggotanya untuk diterjunkan ke lokasi-lokasi bencana bila sewaktu -waktu diperlukan. 

"Hari ini saja terdapat lima titik pohon tumbang yang menutupi akses jalan umum dan dua unit atap rumah terbang termasuk salah satunya atap kantor Polres Sawahlunto. Diakibatkan kencangnya angin mengiringi hujan deras sejak pukul 15.00 WIB, Sabtu (5/9) sampai malam," ujarnya Adriyusman Minggu, 06 September 2020 kemaren.  

"Syukurnya belum ada laporan korban jiwa,  atau kecelakaan dari pohon tumbang ini" lanjutnya.

Tim BPBD Sawahlunto langsung turun lapangan. Anggotanya melakukan pemotongan pohon-pohon yang tumbang di lima titik,  yang menimpa kabel listrik dan mengakibatkan padamnya listrik dari sore sampai malam  di beberapa jalur yang tertimpa pohon.

Adriyusman mengingatkan agar warga Sawahlunto dalam kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini,  bila bepergian terutama kendaraan roda dua bila sudah tampak gejala angin kencang segera berlindung di bawah bangunan jangan di bawah pohon. Juga kalau tidak perlu benar sebaiknya di rumah saja untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga. (Z.Z. Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!