September 4, 2020

Indahnya Pesona Wisata Bahari Pantai Taluak Tampuruang

4 September 2020

FS.Pessel(SUMBAR) - Taluak Tampuruang, begitu orang-orang menyebutnya. Destinasi wisata bahari Kabupaten Pesisir Selatan yang satu ini, kira-kira bisa jadi obat anti galau bagi anda yang lelah dengan suasana perkotaan.

Pantainya berpasir putih, dan ketika membuka mata dibibir pantai, maka pandangan anda bakal dipikat sebuag pulau kecil yang bersandar diujung muara Sungai Batang Kapas. Dengan ditumbuhi pohon-pohon kelapa, pulau kecil ini kelihatan sangat indah dan terasa sangat nyaman serta menyenangkan.

Menginjakan kaki kesana tidak bakal rugi. Hamparan pantainya indah dan landai. Siap-siap untuk terlarut dengan deburan ombak yang berkejaran menepi membasahi pasir. Pantai dengan pasir yang bersih disertai dengan angin yang sepoi-sepoi ini sangatlah cocok untuk tempat wisata keluarga.

Disamping itu, Pantai Teluk Tempurung yang sudah sangat dikenal di Kabupaten Pesisir Selatan dan Sumatera Barat, juga sering digunakan oleh anak nagari untuk melaksanakan berbagai acara hiburan, seperti pertunjukan band dan hiburan lainnya dalam acara pesta pantai.

Menurut penduduk setempat, penamaan Pantai Teluk tempurung terdapat dari berbagai versi. Sebagian ada yang mengatakan, konon dahulu kala dipulau ini terdapat banyak tempurung yang terdampar. Maka oleh yang tua-tua dahulu diberi nama pantai ini Pantai taluak Tampuruang. Namun ada juga yang mengatakan orang-orang tua dahulu memberi nama Taluak Tampuruang dikarenakan bentuk teluk ini yang setengah lingkaran mirip setengah tempurung (batok) kelapa.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Teluk Tempurung ini. Dari pusat kota Kabupaten Pesisir Selatan, Painan anda menuju Batang Kapas terus kearah teluk Limpaso. Sebelum sampai Teluk Limpaso tepatnya ditingkungan Kampung Sungai Pampan, Anda belok kanan memasuki jalan menyusuri perkebunan kelapa dan terus menyusuri pantai hingga sampai di Telum Tempurung.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!