September 26, 2020

Kota Sawahlunto Masuk Nominasi ‘’Peduli Wisata Award 2020’’



FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Kota Sawahlunto yang terkenal dengan sebutan ‘’Kota Arang’’ atau ‘’Kota Tambang Berbudaya’’ memang memiliki objek-objek  wisata yang memiliki nilai keindahan tersendiri. Selama masa Pandemi Covid- 19 ini Pemerintah Kota Sawahunto tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan di sejumlah objek wisata yang ada di Kota Sawahlunto. Tak  heran Jika Kota Sawahlunto masuk dalam nominasi  ‘’Peduli Wisata Award 2020’’.


Tim Visitasi dan Verifikasi ‘’Peduli Wisata Award 2020’’ Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat memuji penerapan protokol kesehatan pada objek - objek wisata di Sawahlunto. Hal tersebut disampaikan pada saat meninjau langsung objek - objek wisata Sawahlunto sebagai bagian dari visitasi lapangan dan verifikasi data untuk penilaian 'Peduli Wisata Award 2020'. Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini kunjungan Tim  Visitasi dan Verifikasi dilakukan Kamis, 24 September 2020 kemaren.


Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Novrial, yang mendampingi tim Visitasi dan Verifikasi tersebut menyampaikan bahwa untuk saat ini memang yang menjadi prioritas di objek wisata adalah penerapan protokol kesehatan. Sebab itu menjadi cara membentengi pengunjung, petugas objek dan masyarakat sekitar objek dari ancaman penyebaran Covid - 19.


"Maka itulah, bagaimana penerapan protokol kesehatan ini masuk dalam salah satu aspek yang kita nilai dalam peduli wisata award ini" ujar Novrial.


Selain penerapan protokol kesehatan, aspek lain yang dinilai antara lain adalah   Aspek Tata Pamong, Aspek Lingkungan Kepariwisataan, Aspek Ekonomi Kreatif, Aspek Pemasaran dan Aspek Pemberdayaan Masyarakat.


Tim Penilai yang hadir antara lain adalah  Endang Dewata, Ian Hanafiah, Syamsurizal dan Ernawati. Seusai kunjungan lapangan, Tim Penilai tersebut melakukan verifikasi dengan mewawancarai Walikota, Wakil Walikota dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Saat diwawancarai Deri Asta mengatakan, penilaian ini sekaligus bisa menjadi bahan evaluasi bagi Pemko Sawahlunto dalam mengelola objek wisata. Maka itu, setelah proses penilaian clear dan pengumuman selesai nantinya diharapkan tim penilai bisa menyampaikan hasil evaluasinya pada Pemko Sawahlunto.


"Untuk menjadi lebih baik, tentu kita perlu terus memperbaiki diri. Nah dalam hal ini sekarang ada yang membantu kita untuk mengevaluasi agar lebih baik, yaitu tim penilai ini. Semoga momen penilaian ini memberikan dampak pada semakin baiknya objek wisata kita" kata Walikota Deri Asta. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!