September 26, 2020

Pemasaran Produk Online sebagai Solusi Usaha di Tengah Pandemi Covid-19



FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Semejak hadirnya Corona Virus Desiase (Covid-19) begitu banyak aktifitas masyarakat yang harus terhenti. Atau meskipun harus tetap berjalan namun begitu banyak aturan-aturan yang mengikat dan harus dipenuhi diantaranya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Penerapan Protokol Kesehatan di masa Tatanan Normal Baru (New Normal) ini. Namun itu semua dilakukan Pemerintah dan jajran Pimpinan di Negeri ini adalah semata-mata untuk keselamatan masyarakat agar terhindar dari Virus Corona.


Namun kita tidak boleh patah semangat, karena hidup, pebangunan, roda perekonomian dan roda pemerintahan harus tetap berjalan di tengah Pandemi ini.


Di bidang perekonomian, salah satu langkah yang dapat dilakukan dan sesuai dengan anjuran penerapan disiplin protokol kesehatan adalah pemasaran produk secara online. Produk Rumahan/hasil Industri Rumah Tangga  dapat dipasarkan secara onlineelalui situs-situs Media Sosial yang ada seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.


Hal tersebut diungkapkan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  Tanah Datar My. Retri Zuldafri Darma  pada saat  sosialisasi Pemasaran Produk Rumahan secara Online.


Menurut keterangan Humas Tanah Datar GOW Tanah Datar  yang mewadahi 23 organisasi wanita  seperti Persit, Bhayangkari, Bundo Kanduang dan lainnya telah ini  melaksanakan sosialisasi tersebut di Aula Kantor Camat Sungayang, Selasa, 22 September 2020.


Acara dihadiri Kabid Pengarustamaan Gender Dinas Sosial Sri Hastuti, Camat Sungayang Yetriwel, Ketua PKK Kecamatan, Kajaran Pengurus GOW Tanah Datar dan Kader Nagari Sungayang.


“Kita telah lakukan berbagai program kegiatan yang memang dikhususkan untuk kaum perempuan dalam bentuk sosialisasi tentang informasi terhangat yang terjadi saat ini, seperti tentang Pilkada, Pandemi Covid-19, belajar daring, dan hari ini materi kita adalah Strategi Pemasaran Produk Rumahan secara Online dengan narasumber ketua Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Tanah Datar,” kata Retri.


Dengan berbagai sosialisasi yang dilakukan, tambah Retri, GOW berharap para kader bisa memperoleh informasi terbaru sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus mampu menjadi penyambung informasi kepada kader lainnya.


“Karena sesuai aturan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 dalam melaksanakan sosialisasi tidak boleh terlalu banyak, maka di samping permohonan maaf karena tidak semua kader bisa diikutkan dalam sosialisasi, namun kader yang hadir diharapkan menyampaikan informasi yang diperolehnya kepada rekan, sanak, famili ataupun masyarakat sekitar,” tukas Retri.


Selepas itu Camat Sungayang Yetriwel dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada GOW yang melaksanakan kegiatan di Sungayang. “Melihat tema sosialisasi yang dilaksanakan di sini, kami melihat merupakan tema yang tepat sekali, karena di daerah ini banyak sekali usaha rumahan yang bisa dipromosikan pemasarannya melalui media online,” ujarnya.


Yetriwel berharap para kader yang ikuti sosialisasi nantinya memperoleh wawasan dan mampu mengaplikasikan dalam kondisi sebenarnya terhadap pemanfaatan teknologi, khususnya media Online. “Sesuai penyampaian buk ketua GOW, pandemi Covid-19 membuat pergerakan terbatas, namun disaat inilah kita harus lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan celah peluang, terutama dalam memasarkan produk usaha rumahan yang banyak di Sungayang ini,” tutupnya.


Sementara itu narasumber Arismen yang sehari-hari menjabat Ketua Perusda Tanah Datar menyampaikan, hal utama yang harus menjadi pertimbangan pertama dalam memulai usaha adalah rancangan.


 “Dalam memulai usaha apapun termasuk usaha rumahan, kita harus memulai dengan rancangan atau rencana produk apa yang akan kita buat dengan mempertimbangkan keunikan atau nilai jual lebih dari produk sama yang telah duluan hadir, sehingga produk kita nantinya dilirik konsumen,” terangnya.


Kemudian, terang Arismen, baru masuk tahapan lainnya yaitu produksi, kemasan, pemasaran dan evaluasi. “Kemasan juga menjadi hal penting dan bahkan bisa meningkatkan minat serta harga jual produk yang kita hasilkan, karenanya tentu diharapkan para pelaku usaha rumahan juga menjadikan produknya mempunyai kemasan menarik dan efesien. Kalau belum punya itu, rumah kemasan Tanah Datar siap membantu,” ujarnya.


Kemudian Arismen menambahkan, banyak media yang bisa dimanfaatkan dalam pemasaran produk yang telah dihasilkan, seperti media koran, radio, dan media sosial. “Kalau melalui koran dan radio kita memerlukan biaya promosi tambahan, maka saran Saya, tentu kita manfaatkan saja media sosial gratis yang saat ini banyak digunakan masyarakat seperti Facebook, instagram dan bahkan melalui aplikasi WhatsApp (WA), karena memang sesuai arahan buk ketua GOW, Covid-19 membuat penjualan secara langsung mengalami penurunan sehingga mengharuskan kita cari cara lain untuk pasarkan produk kita, makanya kita lakukan melalui media online,” tukasnya. (ZZ)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!