Breaking News

September 11, 2020

Pemkab Tanah Datar Mulai Distribusikan BST Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Bantuan Sosial Tunai (BST)  yang selama ini sempat enjadi tanda tanya oleh masyarakat Tanah Datar, sudah mulai didistribusikan Pemkab Tanah Datar. BST diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah terdampak Pandemi Covid 19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tanah Datar. Berdasarkan informasi Humas Tanah Datar hari ini, bahwa untuk penerima lanjutan dan penerima tambahan BST telah mulai didistribusikan sejak Selasa (8/9/2020) kemaren  ke seluruh Nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Pendistribuasian BST ini akan dilakukan selama 2 hari.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (Dinsos PPPA) Kabupaten Tanah Datar H. Yuhardi saat meninjau pelaksanaan pembagian BST di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum mengatakan  “Pencairan dana BST Tahap lanjutan ini sebesar Rp.16.306.500.000, untuk 32.613 KK dengan rincian penerima awal tahap kedua sebanyak 16.648 KK dan ditambah 15.695 KK penerima tambahan. Semuanya Insya Allah selesai dibagikan dalam 2 hari ini”.

Yuhardi juga mengungkapkan, BST bersumber APBD, direncanakan diberikan untuk 3 kali penerimaan dimana tahap awal telah diberikan Rp.600 ribu per KK, namun karena keterbatasan dan kemampuan APBD serta penambahan KK penerima, terpaksa untuk BST tahap kedua dikurangi menjadi Rp.500 ribu.

“Penerima BST tahap awal 16.648 KK akan diberikan satu kali lagi Rp.500 ribu dan 15.965 KK tambahan juga satu kali sebesar Rp.500 ribu. Hal ini terpaksa kita lakukan karena melihat kemampuan serta keterbatasan kemampuan keuangan daerah” ujar Yuhardi.

Kemudian Yuhardi juga menghimbau, pihak pemerintahan nagari yang mendistribusikan ke penerima hendaknya menerapkan protokol kesehatan Covid 19, sehingga potensi penyebarannya bisa diminimalisir.

“Penyaluran BST dilakukan harus sesuai dengan protokol penanganan Covid-19 dengan memastikan seluruh penerima BST menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Kalau ada yang melanggar, diharapkan petugas mengingatkan untuk dipatuhi dulu, baru kemudian dibagikan, hal ini untuk kebaikan kita semua mengingat kondisi saat ini” tukas Yuhardi.

Sementara itu Wali Nagari Parambahan H. Robi Yasdi menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Pemda atas pelaksanaan penyaluran BST tahap ini. “Alhamdulillah, penyaluran BST ini menjawab pertanyaan dari masyarakat kami yang sudah kerap bertanya tentang penyaluran bantuan ini, walaupun besaran berkurang Rp.100 ribu, namun masyarakat tetap bersyukur telah cairnya bantuan ini” ujarnya.

Robi menambahkan, dalam BST dari APBD Tanah Datar, warga di nagari yang dipimpinnya yang layak untuk menerima, telah terdata semuanya. “Ada 341 KK di nagari Parambahan yang menerima BST ini dan tidak ada penambahan, karena semua sudah terdata sejak awal. Ini kami lakukan dengan cara menelusuri data yang ada di jorong dan mencocokkan di nagari, sekiranya masih ada yang tertinggal, kami umumkan melalui pengeras suara di dua masjid di nagari Parambahan, dan Alhamdulillah, cara ini berjalan efektif, sehingga masyarakat kami yang berhak bisa mendapatkan haknya” terang Robi.

Di kesempatan itu juga Camat Lima Kaum Hendra Setyawan yang hadir bersama Forkompinca mendampingi Ka Dinsos PPPA Yuhardi menyampaikan apresiasi kepada Nagari Parambahan.

 “Secara umum di nagari se Kecamatan Lima Kaum pemberian BST berjalan cukup aman, walau memang di beberapa nagari masih ada kendala kecil namun bisa diatasi. Terkhusus Nagari Parambahan ini kita melihat bahwa memang mekanisme pendataan berjalan sangat baik, sehingga sesuai penyampaian Wali Nagari, warganya yang berhak sudah terdata dan menerima BST ini,” tukasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!