September 7, 2020

Pilka IKW RI Diambang Pintu, Kabid Humas Polda Sumbar : Firman Sikumbang Sosok yang Tepat


FS.Padang(SUMBAR)-Munculnya nama Firman Sikumbang, Pemimpin Redaksi Majalah Tribrata Polda Sumbar sekaligus Chief Executive Officer (CEO) portal berita PionirNews dalam deretan bursa nama pencalonan ketua wadah organisasi Ikatan Keluarga Wartawan Republik Indonesia (IKW-RI) Sumatera Barat (Sumbar) periode 2020 - 2022 direspon positif oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.IK.

Satake Bayu yang mengenal keseharian sosok Firman Sikumbang, Minggu sore 7 September 2020 menyebutkan bahwa Pemimpin Redaksi Majalah Tribrata Polda Sumbar itu merupakan sosok yang berpotensi memimpin IKW RI Sumbar.

Calon Ketua IKW RI Sumbar, Firman Sikumbang

“Firman Sikumbang memiliki networking yang luas, terutama di lingkungan Kepolisian. Saya kira dengan jaringannya yang luas, dia akan dapat membangun serta menjembatani hubungan antara pihak kepolisian dan wartawan sebagai mitra,” kata Satake Bayu.

Seorang pemimpin organisasi kata Satake Bayu, harus mampu bersaing serta memiliki keberanian berinovasi dan berkreasi, serta tidak bisa sekedar mengandalkan kemampuan manajemen untuk dapat mengelola organisasi secara normatif dan administratif, melainkan harus mampu mengoptimalkan dan memperbaiki sistem.

Disamping itu kata Satake Bayu menambahkan, seorang pimpinan organisasi juga harus memiliki kepekaan terhadap perkembangan lingkungan strategis. "Seorang pemimpin harus selalu peka, baik terhadap masalah di masyarakat maupun di lingkungan organisasi, sehingga mampu mengambil langkah yang antisipatif dan efektif dalam mencapai hasil, dimana untuk ini diperlukan wawasan dan jejaring yang luas," ujar Satake.

"Saya percaya, melalui organisasi IKW RI Firman Sikumbang tidak saja dipacu untuk berpikir kritis, logis dan analitis yang bermanfaat untuk mengkaji dan mendalami masalah atau situasi, namun juga mampu berpikir sintesis dan komprehensif, yang diwujudkan melalui pengembangan organisasi wartawan tersebut,” beber Satake. 

Ia juga meyakini Firman Sikumbang memiliki tujuan utama yaitu membentuk lingkungan agar orang-orang di dalam organisasinya mampu berpikir, merasa nyaman dan dapat bekerja dalam suatu organisasi. 

“Pemimpin dalam konteks ini biasanya memiliki tanggung jawab yang sama agar ekonomi organisasi tetap sehat dan efektivitas serta kebahagiaan anggota terjaga. Ini membutuhkan perspektif yang kuat dari pimpinan organisasi dan strategi yang mendukungnya. Nah, saya rasa Firman Sikumbang punya tipikal pemimpin serupa itu,” terang Satake Bayu.

Dan yang terpenting kata Satake, seorang pemimpin organisasi haruslah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasikan, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. 

“Seorang pemimpin harus mempunyai terobosan-terobosan atau inovasi yang baik untuk melakukan perubahan secara terus menerus dalam acuan untuk menjadai lebih baik, sesuai dengan perkembangan zaman. Seorang pemimpin yang dibutuhkan di era modern adalah pemimpin yang “inovatif dan tranformator”. Artinya, di mana ada pemimpin maka di sana ada inovasi dan gagasan baru serta perubahan baru tanpa takut mengambil resiko dalam pengabdiannya, tetapi untuk itu sang pemimpin harus tahu konteks dan situasi dari institusi yang dia pimpin. Nah..., saya rasa karakter semacam ini dimiliki oleh Firman Sikumbang,” beber Kombes Satake Bayu Setianto. (M. Fadilat)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!