Breaking News

September 4, 2020

Waqaf 1000 Hafizh Tanah Datar Memasuki Tahun ke-V


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Tak terasa Waqaf 1000 Hafizh di Tanah Datar telah memasuki tahun ke-5. Bagi Tanah Datar Waqaf  1000 Hafizh merupakan momentum validitas lahirnya minimal 1000 hafizh setiap tahunnya, sebagai perwujudan visi kepemimpinan H. Irdinansyah Tarmizi dan H. Zuldafri Darma untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar sebagai ‘’Kabupaten Tahfizh’’. Namun akibat pandemi Covid-19 yang melanda, Waqaf 1000 haafizh ke V tahun 2020 tetap dilaksanakan dengan sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar hari ini, bahwa dalam rilisnya Juma’at, 28 Agustus 2020,   Kabag Kesra Setda Tanah Datar H. Afrizon, telah menyampaikan informasi ini kepada Humas Tanah Datar.

Melalui percakapan selular H. Afrizon mengatakan “Waqaf 1000 haafizh tahun sebelumnya kita laksanakan terpusat di Istano Basa Pagaruyung, namun karena kondisi Covid-19 pelaksanaan tahun ke V dilakukan dengan sistem disebar per kecamatan dengan lebih melibatkan Forum Komunikasi Rumah Tahfizh (FKRT) baik Kabupaten maupun Kecamatan dimana sampai hari ini sudah teregistrasi 169 buah rumah tahfizh dengan tetap dikoordinir oleh Bagian Kesra” .

Sementara itu untuk seleksi H. Afrizon menyampaikan bahwa sama dengan tahun tahun sebelumnya, yang terdiri 2 kelompok yaitu: Pertama, Tahfizh 1 dan 2 Juz, yang diseleksi oleh Tim FKRT Kabupaten Tanah Datar dengan ketentuan, usia maksimal 12 Tahun atau masih SD/MI, Putra / i Tanah Datar dibuktikan dengan Kartu Keluarga, belum pernah Ikut Waqaf 1000 Haafizh sebelumnya, utusan Rumah Tahfizh, TPA dan SD / MI dan Pendaftaran : Juli - Agustus 2020

Kedua, Tahfizh 3 Juz ke atas yang diseleksi oleh Lajnah Tahfizhul Quran Tanah Datar dengan ketentuan Hafalan minimal 3 Juz, Putra/i Tanah Datar, dibuktikan dengan Kartu Keluarga, Usia tidak dibatasi, Pendaftaran terakhir 1 Oktober 2020

Sementara jadwal pelaksanaan kegiatan, Pendaftaran : Juli - Agustus, Seleksi : September - Oktober dan Perayaaan : November – Desember

“Waqaf 1000 Haafizh Tanah Datar setiap dilaksanakan di tahun sebelumnya selalu menghadirkan ulama, motivator tahfizh nasional seperti ustazd Subghi Al Bughury, Yusuf Mansur.Rencana tahun ini seyogianya akan hadirkan ustazd Adi Hidayat, namun karena pandemi Covid-19, batal dihadirkan tahun ini dan Insya Allah di 2021 beliau kita hadirkan, dan perayaan tahun ini akan dilaksanakan di masing- masing Kecamatan oleh Rumah Tahfizh” tambah Afrizon.

H. Afrizon juga mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi terhadap antusiasnya para santri untuk ikuti seleksi di tengah kondisi saat ini. “Alhamdulillah, kita patut bangga dan apresiasi para santri yang tetap antusias, ini terlihat bahwa sampai hari ini sudah terdaftar santri yang akan ikut seleksi untuk 1 juz sebanyak 1.347 orang, dan 3 Juz ke atas sebanyak 27 orang” ujarnya.

Di akhir penyampaiannya, Afrizon mengatakan setiap peserta yang lulus untuk 1 juz, diberikan 1 buah mushaf Al Qur’an yang merupakan bantuan dari Badan Waqaf Al Qur’an Jakarta. “Para peserta tetap kita berikan 1 mushaf Al Qur’an, namun untuk santri yang hafal 3 juz ke atas kalau tahun sebelumnya yang meraih terbanyak 1 -10 diberikan reward umrah Ke Tanah Suci namun pada gelaran tahun ini tidak dilaksanakan” tukasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!