September 14, 2020

Yayasan ‘’Amran Nur Foundation’’ Bantu Pendidikan Anak-Anak Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Mengenang Almarhum Amran Nur  yang semasa hidupnya dikenal baik semasa menjadi Walikota Sawahlunto maupun setelah berhenti menjadi Walikota, sangat mengesankankan bagi masyarakat Kota Sawahlunto sendiri. Semasa menjabat sebagai Walikota banyak hal yang sudah diperbuat dan dilakukan seorang Amran Nur.Kebijakan dan ketegasan telah merobah corak Kota Sawhlunto menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Barat.

Di samping itu banyak peluang yang juga diberikan kepada pribumi untuk membuka berbagai usaha ,sehingga sampai sekarang banyak pengusaha yang sudah sukses karena jasa Beliau memberi peluang. Semua membuat almarhum Amran Nur berbangga karena bisa menciptakan pengusaha-pengusaha sukses pribumi di Kota Sawahlunto sendiri dengan harapan semua pengusaha-pengusaha yang sudah sukses bisa pula membimbing, memberi peluang  dan motivasi kepada yang lain sehingga masyarakat Sawahlunto tidak ada lagi yang  hidup di bawah garis kemiskinan. 

Sebab dengan banyaknya pengusaha bermunculan, maka lapangan pekerjaan akan terbuka luas, pembangunan meningkat, pengangguran hilang, angka kejahatan dan penyakit masyarakat bisa ditekan karena semua mempunya kegiatanyang bisa menutup kemungkinan masyarakat melakukan perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari norma, adat-istiada dan tatanan masyarakat.

Selain itu anak-anak  bisa terus sekolah melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi. Untuk itu semua selama menjadi Walikota Sawahlunto Amran Nur telah menciptakan dan memetakan dasar-dasar pemikiran dan pembangunan di berbagai bidang.

Tetapi  sampai akhir hayat Beliau masih belum juga bisa merasakan semua kebijakannya itu, terbukti tujuh bulan sebelum akhir hayatnya, Amran Nur memanggil seseorang menanyakan apa yang bisa dia perbuat semasa hidupnya ini.Akhirnya didirikanlah sebuah yayasan peduli pendidikan anak-anak Sawahlunto atau lebih dikenal ‘’Amran Nur Foundation’’ tepatnya pada tanggal  27 April 2016 lalu.

Yayasan  ‘’Amran Nur Foundation’’ resmi didirikan sebagai yayasan amal untuk membantu anak-anak  Sawahlunto untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi dengan nol limit. Dalam  artian tidak ada target, berapapun biaya masuk pendidikan ke Universitas akan dibantu sepenuhnya dan setiap bulan akan dibantu sampai selesai pendidikan. 

‘’Sekarang tinggal 21 orang mahasiswa/wi yang dalam bantuan yayasan Amran Nur Foundation ini. Setiap bulan dibantu dan donatur yayasan Alhamdulillah selalu orang luar padahal Yayasan berdiri dan untuk anak-anak  Sawahlunto’’ jelas Benzuheri, M.Si, Senin, 14 September 2020.

‘’Sekarang yayasan dilanjutkan oleh Putri Almarhum Dita Amran yang merupakan putri pertama dari almarhum Amran Nur, berdomisili di Jerman dan untuk menjalankan yayasan di percayakan kepada pengurus  yang dikepalai oleh Pak Ben, yg juga merupakan salah satu pendiri bersama Amran Nur’’ jelas Redi Ismed yang juga selalu mengikuti perkembangan dan kegigihan pengurus yayasan dalam memperjuangkan nasib mahasiswa miskin tapi pintar/berprestasi dan berkemauan keras untuk menimba ilmu pengetahuan ini.

‘’Semoga ke depannya Yayasan Amran Nur ini lebih maju dan lebih banyak lagi anak-anak Kota Sawahlunto yang bisa dibantu melanjutkan pendidikannya’’ tambahnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!