Breaking News

Connect With us

October 30, 2020

BAZNas Kota Sawahlunto Serahkan Zakat untuk Mustahik di Kecamatan Barangin


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto kembali menyalurkan zakat kepada mustahiq. Kali ini untuk bulan Oktober 2020, penyerahan zakat pada mustahiq di laksanakan di Kecamatan Barangin i, Kota Sawahlunto. Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, penyerahan zakat diselenggarakan di kantor Camat barangin , Senin 26 Oktober 2020.

Acara dihadiri  langsung oleh Wakil Walikota  H. Zohirin Sayuti, SE; Ketua BAZNas Kota Sawahlunto  H.M.Syarif, SE beserta pengurus BAZNaz; Camat Barangin Subandi serta para Mustahiq yang akan menerima zakat dari BAZNaz.


Ketua BAZNas H.M.Syarif, SE  dalam sambutannya melaporkan kepada Walikota Sawahlunto yang dalam diwakili Wakil Walikota Zohirin Sayuti bahwa total Dana BAZNas yang disalurkan pada bulan Oktober 2020  untuk 4 Kecamatan di Kota Sawahlunto berjumlah  470 juta.


‘’Dari total tersebut khusus untuk Kecamatan Berangin sebesar 125 juta, dan ini adalah Kecamatan terakhir yang kita serahkan pada Bulan Oktober ini.Dari total tersebut yang diserahkan prioritas utama adalah untuk modal usaha disamping pendidika, bedah rumah dan lain-lain’’ ujar H.M.Syarif, SE  .


Sementara Wakil Walikota Zohirin Sayuti dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk penerima bantuan zakat BAZNas harus diseleksi terlebih dahulu .’’Penerima zakat/mustahiq ini harus masuk pada Asnaf yang 8, fakir, miskin, fisabilillah, amil, musafir dan lain sebagainya’’ ujar Zohirin.


Zohirin juga katakan bahwa penerima zakat/mustahig harus benar-benar orang yang berhak menerima zakat.


‘’Karena dana kita yang terinput masih terbatas, sebenarnya kita ingin memberikan dalam skala yang lebih besar, sehingga dapat digunakan untuk modal usaha dan juga membantu biaya pendidikan. Karena selama ini yang menyerahkan zakat ke BAZNas terbatas dabn rata-rata adalah PNS, sementara jumlah PNS yang pensiun begitu banyak dari tahun ke tahun sementara penggantinya tidak sebanding dengan jumlah yang keluar’’ tambah Zohirin.


Zohirin berharap ke depannya agar Pemerintah dan juga BAZNas sama-sama berusaha agar pengusaha dan pedagang dapat menyalurkan zakat melalui BAZNas, sehingga azas manfaat dan penyaluran zakat lebih sampai kepada masyarakat.


Zohirin juga berpesan agar para mustahiq  menggunakan zakat tersebut sebagaimana mestinya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!