Breaking News

Connect With us

October 31, 2020

Dukung Sektor Pertanian Sumbar, Indra Catri Akan Bagikan Bibit Manggis


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Masyarakat Nagari Anduring,  Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, meminta bantuan bibit manggis kepada calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri. Manggis merupakan salah satu komoditas unggulan daerah tersebut.


Perwakilan petani Nagari Anduring, Ramayulis, mengatakan bahwa mereka membutuhkan bantuan bibit manggis bagus masyarakat. Ia mengeluhkan bahwa bibit manggis cukup sulit didapatkan. Mereka menyatakan membutuhkan setidaknya 4.000 bibit manggis untuk dibagikan kepada masyarakat.


“Kami melihat Pak Indra Catri selama menjadi Bupati Agam berhasil mendongkrak sektor pertanian. Kami butuh pemimpin yang perhatian kepada petani,” katanya, Sabtu (31/10).


Dalam pertemuan masyarakat Anduring dan Indra Catri tersebut, Ramayulis juga menceritakan bahwa Jembatan Anduriang tidak layak dilalui. Jembatan itu miring sehingga membuat masyarakat waswas melewatinya.


Karena itu, ia berharap pemerintah setempat atau pemimpin yang menjabat ke depannya untuk memperhatikan kondisi tersebut. Jembatan itu sangat penting karena merupakan akses utama masyarakat membawa hasil pertanian dan perkebunan.


Indra Catri mengatakan bahwa ia siap membantu bibit manggis yang diperlukan masyarakat. Komoditas unggulan memang menjadi prioritas di bidang pertanian untuk mewujudkan Sumbar Unggul. Oleh sebab itu, ia siap membantu masyarakat Kayu Tanam jika membutuhkan bibit berapa pun yang dibutuhkan petani.


“Dalam visi misi Nasrul Abit-Indra Catri di sektor pertanian ada satu daerah, satu komoditas unggulan,” ujarnya.


Selain itu, dalam visi misinya NA-IC juga akan mengalokasikan anggaran 12 persen untuk sektor pertanian secara luas, seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Mereka melakukan itu untuk mewujudkan kemandirian pangan dan peningkatan pendapatan petani.


Pihaknya juga akan memastikan ketersediaan bibit unggul bersertifikasi. Caranya ialah memberikan insentif kepada penangkar penangkar bibit. Bibit yang unggul juga akan menentukan hasil produksi lebih baik.


“Kami juga akan meningkatkan luas lahan produktif dengan mengoptimalisasikan lahan tidur dan telantar, rehabilitasi, serta bekas tambang rakyat. Selain itu, kami bakal menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani dengan harga eceran tertinggi,” tuturnya.(chan gl)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!