October 17, 2020

Forkopimda Sumbar Gelar Rakor Sosialisasi Perda AKB



FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Forum Komunikasi Piminan Daerah  (Forkopimda) Provinsi Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19, Potensi Konflik dan Antisipasi  Dampak RUU Cipta Kerja di Profinsi Sumatera Barat. Dalam Rakor tersebut juga dibahas Sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dan  Konflik Tapal Batas Nagari Sumpur dengan Padang Laweh Malalo, Kabupaten Tanah Datar.


Menurut keterangan Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini Rakor tersebut digelar di Aula Mapolda Sumatera Barat Kamis, 15 Oktober 2020.Rapat digelar dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.


Dalam Rakor tersebut Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman memaparkan kronologis konflik Nagari Sumpur dan Malalo Tigo Jurai Kecamatan Batipuh Selatan.


Dikatakan Erman bahwa kedua nagari tersebut telah berdamai melalui mediasi di Mapolres Padang Panjang, ditandai dengan surat kesepakatan damai yang dibubuhi tangan-tangan perwakilannya dari unsur pemerintah nagari, Ketua KAN, Ketua BPRN dan Ketua Pemuda kedua belah pihak.


Proses mediasi saat di Polres Padang Panjang, Selasa malam (13/10.2020) dihadiri unsur Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Nazwir, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyuda Utama.


“Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi penengah dalam perdamaian di konflik tersebut. Tentu ini perlu diapresiasi, mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang kembali” ujarnya.

Terkait konflik itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan semua bisa terselesaikan secara baik dengan mengutamakan pendekatan bersifat persuasif.


“Banyak upaya menyelesaikan konflik secara baik, semua persoalan tentu ada jalan keluarnya” ujar Irwan Prayitno.


Selepas itu, Forkopimda Sumbar menyampaikan komitmen mewujudkan situasi kondusif dan masyarakat yang cinta damai di Provinsi Sumatera Barat.


“Kami Forkopimda bersama seluruh komponen masyarakat Sumatera Barat berkomitmen mewujudkan situasi kondusif dan masyarakat yang cinta damai,” ujar Irwan Prayitno serentak bersama Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/ Wbr, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Syahrir, Kajati Sumbar dan para tokoh Sumbar lainnya.


Turut hadir juga pada kesempatan itu Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyuda Utama, Kepala Perangkat daerah terkait, Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, Walinagari Padang Laweh Malalo, Pj. Walinagari Guguk Malalo dan Walinagari Sumpur. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!