October 2, 2020

GOW Tanah Datar Silaturahmi dengan Pokdakan "Mina Nan Enam"



FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Gabungan Organisi Wanita(GOW Tanah Datar kunjungi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) "Mina Nan Enam, di Tiga Batur, Nagari Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Jum'at pagi, 02 Oktober 2020.


Hadir dalam kunjungan tersebut Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma, SE; Sekretaris GOW Tanah Datar Ny.Ivonne Estherlie, SH; Ny.Liesti AS beserta Anggota.


Rombongan langsung disambut oleh Ketua Pokdakan Mina Nan Enam Rena Mulia  beserta anggota dengan       penuh suka cita.


Pokdakan Mina Nan Enam memaparkan kondisi kelompok dari mulai latar belakang berdirinya kelompok hingga rencana-rencana kegiatan kelompok yang ingin dikembangkan untuk memajukan Pokdakan "Mina Nan Enam".


" Pokdakan Mina Nan Enam ini telah berdiri kurang lebih satu tahun, dan Alhamdulillah telah memiliki kelengkapan administrasi dan payung hukum mulai dari  Anggaran Dasar dan  Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), SK Pengukuhan Kelompok dari Wali Nagari, Kelengkapan berkas-berkas dan juga telah terdaftar di Notaris. Dan kami juga telah melakukan kerjasama dengan Dinas terkait, yaitu Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar" jelas Sekretaris Pokdakan "Mina Nan Enam", Maryati, ST.


Ditambahkan Maryati " Pokdakan Mina Nan Enam juga mempunyai potensi lahan/kolam ikan yang cukup bagus dan setiap anggota kelompok memiliki kolam sendiri-sendiri.Namun karena terkendala dalam permodalan untuk saat ini kolam-kolam yang ada belum dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, hanya sebatas untuk konsumsi rumah tangga".


"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ibu yang telah berkenan meluangkan waktunya, dan kami mohon bimbingan, arahan serta bantuan untuk memfasilitasi/menjembatani kelompok kami, sehingga ke depannya dapat memperoleh akses-akses bantuan untuk kemajuan kelompok kami ini. Dengan tujuan awal menopang perekonomian keluarga, ke depannya kami berharap nantinya kelompok kami ini dapat mengembangkan usaha-usaha yang memungkinkan untuk dilakukan. Wacana kedepannya kami ingin membuka usaha sejenis industri rumahan, misalnya mengolah bahan makanan seperti ikan, membuat krupuk atau usaha lainnya dan ada rencana untuk dipasarkan secara online. Selain itu jika usaha ini berhasil kedepannya lebih besar lagi kami ingin mendirikan koperasi dan juga mengadakan pelatihan -pelatihan serta membentuk kelompok binaan.Kami berharap Pokdakan "Mina Nan Enam" ini kedepannya dapat menjadi percontohan dan motivasi untuk tumbuhnya kelompok-kelompok usaha baru khususnya di Tiga Batur ini.Untuk itu kami mohon arahan serta bimbingan dari Ibu Retri beserta rombongan selaku Pengurus GOW Tanah Datar" tambahnya.


Menanggapi paparan Kelompok, Sekretaris GOW Tanah Datar Ny. Ivonne Estherlie, SH mengatakan sangat mengapresiasi semangat  Kelompok Mina Nan Enam.


"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas semangat ibu-ibu anggota kelompok Mina Nan Enam, karena kelompok telah melakukan usaha dengan bukti telah memiliki kelengkapan administrasi, ada AD/ART, Akta Notaris dan juga sudah terdaftar di Dinas Perikanan. Ini adalah suatu usaha yang luar biasa dan patut dibanggakan.Memang saat ini, terlebih dalam situasi Pandemi Covid-19 memang kaum ibu -ibu harus berfikir dan berusaha untuk membantu perekonomian keluarga.Kita tidak bisa hanya menunggu dan mengharapkan dari Kepala Keluarga saja" ujar Ivonne.


"Dan untuk yang telah disampaikan kelompok mengenai keinginan-keinginan dan usaha, kami sangat apresiasi dan mendukung. Namun untuk saat ini di tahun 2020 ini untuk memberikan bantuan mungkin belum dapat dilaksanakan, karena dana yang ada saat ini sudah tersedot dan difokuskan untuk penanganan Covid-19.Namun untuk tahun 2021 Insya Allah bisa dilaksanakan, karena di tahun 2021 memang program Pemerintah dari Presiden adalah difokuskan untuk pemulihan ekonomi yang sasarannya adalah termasuk UKM dan UMKM, dan biasanya syaratnya memnag harus berkelompok. Dan kita sudah ada kelompok, jadi nanti tinggal mengusulkan saja, Insya Allah kami akan bantu" jelas Ivonne.


"Dan untuk masalah memulai usaha seperti industri rumahan nanti kami akan bantu. Dan saran saya untuk memulai usaha fokus dulu dengan satu usaha, usahanya apa yang mau dibuat. mungkin nanti kami akan bantu dengan memberikan pelatihan dengan mendatangkan pemateri ada Bapak Arismen, nanti kami akan fasilitasi, silahkan Ibu-ibu koordinasikan kapan waktunya nanti akan kami datangkan beliau pelatihan 1 hari. Setelah pelatihan dengan beliau nanti kaan ada arahan, usaha apa yang akan dibuat, dan untuk pemasaran Insya Allah kami akan bantu, dan kebetulan beliau juga punya kopereasi. Nanti kalau ada produk hasil ibu-ibu juga bisa dititipkan di koperasi beliau" jelasnya.


Diakhir penyampaiannya Ny.Ivonne berpesan agar kelompok selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan usaha, dan selalu berkomunikasi. Apabila terjadi permasalahan hendaknya diselesaikan dengan bermusyawarah.


"Jaga selalu kekompakan dalam kelompok, komunikasi yang baik sehingga terhindar dari perselisihan"pungkasnya.


Sementara Ketua GOW Tanah Datar Ny.Retri Zuldafri Darma juga menyampaikan hal yang senada.Ny.Retri katakan sangat mengapresiasi dan sangat luar biasa kelompok Mina Nan Enam yang telah memiliki semangat untuk berusaha.


"Seperti yang disampaikan Ibu Ivonne, memang saat ini karena situasi Pandemi Covid-19 anggaran banyak yang dialihkan untuk penanganan Covid-19. Karena Covid -19 ini memang banyak usaha -usaha baik besar maupun kecil yang terdampak.Namun Insya Allah di tahun 2021 bisa diusahakan bantuan-bantuan untuk penguatan modal, karena memang program 2021 adalah pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19. Insya Allah kami akan siap membantu, intinya ibu-ibu berkomunikasi. Sampaikan informasi kepada kami" kata Ny.Retri.


Ny.Retri juga mengucapkan terima kasih telah disambut dengan baik oleh Pokdakan "Mina Nan Enam.


"Semoga kedepannya usaha kelompok ini semakin maju dan sesuai harapan yang dicita-citakan dapat menjadi percontohan dan motivasi tumbuhnya kelompok usaha baru, khususnya di Tiga Batur ini dan Tanah Datar pada umunya" jelas Retri diakhir penyampaiannya.


Acara diakhiri dengan makan bersama dan foto bersama.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!