Breaking News

Connect With us

October 26, 2020

Liga IKA SMP Pauh/14 Padang Resmi Dibuka, Irwan Basir : Junjung Tinggi Sportivitas


FS.Padang(SUMBAR)-Berolahraga mempererat silaturahmi bukanlah hal yang biasa. Momen ini justru luar biasa karena mempersatukan masyarakat yang terpisah secara administratif untuk bersama-sama membangun Nagari.


Demikian penekanan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM saat didapuk memberikan sambutannya pada pembukaan Liga IKA SMP Pauh/14 Padang Ke 3 yang berlangsung di Lapangan Hijau Binuang, Pauh, Sabtu (24/10/2020) sore.


Menurut Datuk IB, sapaan akrab Ketua Umum Alumni SMP Kuranji (Sekarang SMPN 10 Padang) ini, orang bisa menghimpun diri untuk secara bersama bersilahturahmi melalui iven olahraga, hal itu menandakan tidak ada terputusnya rasa memiliki dari alumni dimana pun berada.


"Kita bisa saja hebat, bisa pintar, bisa memiliki berbagai jabatan penting, namun ketika berada di alumni kita semua adalah sahabat, rekan, saudara, yang pernah bersama melewati perjalanan hidup di masa lalu," ujar Irwan Basir.


Turut hadir di kesempatan itu Camat Pauh Jasman, Lurah Binuang, Ketua RT/RW setempat beserta Ketua Panitia Sarbaini Dt Rajo Alam, Ketua IKA SMP Pauh/14 Padang Kapten (Inf) Syamsu Rizal, para alumni, dan dirasakan masyarakat sekitar.


Oleh karena itu, sebagai warga yang memiliki dua sisi, yakni sebagai Ketua Umum Alumni SMP Kuranji (Sekarang SMPN 10 Padang) tentu bagaimana aset dan potensi alumni diberdayakan untuk melakukan kegiatan bermanfaat bagi nagari.


"Saya dibangunkan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan dinantikan ala SMP Kuranji atau SMPN 10 Padang ke depannya," tukasnya.


Begitu juga, sebagai Ketua DPD LPM Kota Padang, bahwa pemberdayaan sisi-sisi kepentingan dan kerjasama pemerintah dengan masyarakat merupakan siklus yang tidak boleh berkasta dalam pemikiran. Oleh karena itu melalui intuisi dan motivasi yang ada, kita membantu pemerintah untuk bersama-sama membangun nagari.


"Mari berikan apa yang bisa kamu berikan, sebelum kamu menuntut apa yang diberikan," ungkap Owner Padang Fishing Club ini.


Sekaitan itu, Irwan Basir mengajak dalam rangka  memanusiakan manusia perlu kajian terutama berkaitan dengan kaderisasi. Terlebih di tengah kondisi zaman dewasa ini banyak anak-anak yang terkontaminasi dengan penyakit masyarakat. Tentu, hal ini tidak terlepas dari peran alumni untuk ikut peduli terhadap persoalan tersebut.


"Mari kita berikan inovasi wow dalam bentuk membantu potensi sumber daya manusia yang nantinya akan muncul sebagai kader," tukasnya.


Terakhir, Datuk IB menegaskan bahwa Pauh Kuranji tidak bisa dipisah-pisahkan karena merupakan Pauh Siampekbaleh. Dengan demikian, ketika bicara kepentingan, maka itu adalah kepentingan bersama, solidaritas, tanggung jawab, moralitas, kesetiakawanan antar alumni.


Seperti sekarang ini, lewat  pelaksanaan Liga IKA SMP Pauh/14 Padang Ke-3 yang mengangkat tema "Berolahraga pererat silaturahmi dengan mematuhi protokol kesehatan" yang dijadualkan berlangsung 24 Oktober - Hingga 4 april 2021 mendatang.


"Semoga sukses karena telah mampu memberikan energi positif dan mampu menghilangkan energi negatif," ujar Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji ini.


Persahabatan itu tidak boleh dicampuri dengan permasalahan. Karena ini adalah persahabatan olahraga, tentu menjunjung tinggi sportivitas adalah komitmen bersama, pungkas Datuk IB.


Di kesempatan itu sebagai bentuk kepedulian, Datuk IB secara spontan memberikan sumbangan kepada panitia liga IKA sebesar Rp 1juta.


Senada, Camat Pauh Jasman, S.Sos, MM dalam kesempatan yang sama juga menyatakan Pauh Kuranji tak dapat dipisahkan. Pauh Kuranji adalah satu, yang membatasi adalah wilayah administrasi.


Oleh karena itu Jasman memberikan apresiasi atas pelaksanaan Liga IKA SMP Pauh/14 Padang, karena mampu menguatkan silaturahmi. 


Begitu juga ada tokoh Pauh Kuranji yang bisa berekselerasi di tengah masyarakat yaitu Irwan Basir Datuk Rajo Alam.


"Semoga tetap dan terus menjadi tokoh panutan ke depan," ujar mantan Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Padang ini seraya membuka secara resmi Liga IKA SMP Pauh/14 Padang ke-3.

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!