Breaking News

October 27, 2020

Pemko Sawahlunto Gelar Rakor Persiapan Belajar Tatap Muka


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintah Kota Sawahlunto (Pemko) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)  Persiapan Pembelajaran Tatap Muka. Rakor yang digelar bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini digelar pasca ditetapkannya  Kota Sawahlunto turun status dari Zona Merah ke Zona Oranye. Diperkirakan satus Zona Kuning tidak lama lagi akan kembali dikantongi Kota Sawahlunto. Untuk itu Pemerintah Kota Sawahlunto tengah mempersiapkan Proses belajar mengajar dengan bertatap muka secara langsung di sekolah. 


Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini,  Rakor digelar hari ini Selasa, 27 Oktober 2020 dan dipimpin langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti.


Dalam Rakor tersebut  Wawako  t meminta Dinas Pendidikan dan Pihak Sekolah memulai persiapan untuk menyambut Sistem Pembelajaran dengan bertatap muka. Tidak hanya Dinas Pendidikan dan Sekolah, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto pun mulai mempersiapkan proses belajar mengajar dengan bertatap muka di sekolah tersebut. 


"Jadi begitu Gugus Tugas Covid - 19 Provinsi Sumatera Barat menetapkan Sawahlunto berada di zona kuning, maka 2 atau 3 hari kemudian kita langsung memulai proses belajar mengajar di sekolah. Untuk minggu pertama, itu kita mulai dari SMA dan SMP. Setelah itu seminggu selanjutnya baru di tingkat SD" sebut Wakil Walikota Zohirin Sayuti.


Zohirin juga  berpesan kepada Guru-Guru agar dapat maksimal dalam  mendampingi dan mengawasi siswa untuk menerapkan protokol kesehatan. 


"Yang jelas, jadi guru berarti kita ditiru. Maka dari kita yang harus mencontohkan bagaimana melakukan protokol kesehatan itu. Sampaikan, sosialisasikan dan edukasikan dengan baik pada siswa, jika ada yang melanggar berikan peringatan, jika masih tetap bandel tidak mau mengerjakan protokol kesehatan itu maka bisa dikenakan sanksi atau kebijakan lainnya," ujar Wakil Walikota Zohirin Sayuti. 


Sementara Kepala DinasPendidikan Kota Sawahlunto Asril menyampaikan   hal - hal teknis dalam proses belajar mengajar di sekolah nanti, antara lain adalah guru dan siswa wajib memakai masker dan faceshield. 


"Selain wajib menerapkan protokol kesehatan, hal lainnya yang kita atur adalah ; siswa dan guru wajib memakai masker ditambah faceshield. Proses belajar mengajar ini diizinkan sampai jam 11.00 WIB, itu tanpa jam istirahat agar siswa tidak berkumpul - kumpul yang nantinya rawan tidak bisa menjaga jarak" kata Asril. 


Ditambahkan Asril, jika dalam satu kelas jumlah siswanya lebih dari 15 orang maka yang masuk hanya boleh setengah jumlah siswa tersebut. Setengahnya lagi masuk untuk hari selanjutnya. 


"Jadi kita pakai konsep 50 persen belajar di sekolah, 50 persen belajar di rumah. Itu untuk jumlah siswa lebih dari 15 orang dalam 1 kelas," kata Asril.


Menindaklanjuti arahan Wakil Walikota Zohirin Sayuti untuk mempersiapkan proses belajar mengajar di sekolah tersebut, Sekretaris Gugus Tugas Covid - 19 Kota Sawahlunto Adriyusman, menghimbau agar pihak sekolah dengan dikoordinasikan Dinas Pendidikan segera mencek kembali kondisi sarana pra sarana penunjang penerapan protokol kesehatan di sekolah. 


"Tolong dicek kembali bagaimana kondisi peralatan/perlengkapan penunjang protokol kesehatan di sekolah - sekolah. Pastikan siap pakai saat nanti proses belajar mengajar di sekolah mulai dilaksanakan" kata Adriyusman. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!