Breaking News

October 23, 2020

Pjs. Bupati Erman Rahman : Gerakan Revolusi Mental Sangat Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Gerakan Revolusi Mental sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih  saat ini telah terjadi pergeseran nilai-nilai kehidupan bermasyarakat disebabkan kemajuan bidang tekhnologi, ekonomi, politik. Sehingga nilai-nilai yang selama ini dipakai masyarakat seperti adat istiadat, nilai moral dan gotong royong telah beralih menjadi nilai pragmatis, egoitis dan individual.


Hal tersebut disampaikan Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman pada saat membuka acara Forum Group Discussion (FGD) Pembentukan Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GT GNRM) Kabupaten Tanah Datar di Hotel Emersia Batusangkar.


Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini menyatakan, FGD yang digelar Selasa, 20 Oktober 2020 tersebut  merupakan kerjasama  antara Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kesbangpol Provinsi Sumbar dan Kesbangpol Kabupaten Tanah Datar.


"Adanya gugus tugas GNRM ini nantinya, diharapkan dapat mewujudkan Gerakan Revolusi Mental yang bermoral, gotong royong yang menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. Kita berharap Forum Group Discussion (FGD) ini dapat menghasilkan program rencana aksi Gerakan Nasional Revolusi Mental Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021,” ujar Erman.


Sementara itu Asisten Deputi Revolusi Mental Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Alfredo Sani Fenat, dalam paparannya menyampaikan kegiatan GNRM ini merupakan agenda nasional yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dengan lima program besarnya Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu. Diharapkan kelima program ini dapat dijalankan oleh seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia dengan pembentukan gugus tugas. Namun semenjak dicanangkan, Gugus Tugas ini baru terbentuk di 26 provinsi dari 34 provinsi, dan 87 kabupaten /kota dari 514 kabupaten /kota yang ada di Indonesia.


"Kelima program utama GNRM ini mengacu pada tiga nilai dasar, integritas, etos erja dan gotong royong. Tentunya, kami berharap Gugus Tugas GNRM di Kabupaten Tanah Datar ini dapat menyusun rencana aksi untuk mencapai indikator-indikator turunan dari kelima program besar GNRM, dengan mempedomani ketiga nilai ini " ujar Alfredo.


Hal senada juga disampaikan Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri, Drajat Wisnu Setiawan. Capaian GNRM ini lebih lanjut menurutnya adalah tercapainnya Trisakti, yaitu berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian kebudayaan Indonesia. "Tentunya, hal inilah yang diharapkan nantinya dapat dicapai melalui rencana aksi gugus tugas yang akan disusun dalam FGD ini," ujarnya.


Usai pemaparan singkat Kepala Badan KESBANGPOL Provinsi Sumatera Barat, Nazwir, SH, M. Hum, mengenai Gerakan Revolusi Mental di Provinsi Sumatera Barat, acara dilanjutkan dengan FGD yang dipandu oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Tanah Datar, Irwan, S.Sos, dengan membagi peserta FGD ke dalam tiga kelompok yang akan menyusun rencana aksi Gugus Tugas GNRM di Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021. Peserta FGD terdiri dari di antaranya Kepala OPD Kabupaten Tanah Datar, Unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, Akademisi/Perguruan Tinggi, utusan BUMN/BUMD, Organisasi Kemasyarakatan.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!