Breaking News

October 11, 2020

Pjs.Bupati Erman Rahman Lakukan Kunker ke Nagari Padang Ganting



FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pjs. Bupati Tanah Datar melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar.Menurt keterangan Humas Tanah Datar dalam rilisnya Minggu, 11 Oktober 2020, Kunker tersebut dilakukan  Rabu, (07/10/2020).


Pada kesempatan tersebut  Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar menyampaikan tentang permasalahan sampah yang masih menjadi polemik, terutama di di Kabupaten Tanah Datar.


‘’Sampah akan menjadi permasalahan jika tidak dikelola dengan baik. Kebiasaan sebagian masyarakat membuang sampah sembarangan termasuk dibuang ke tepi batang air, tepi jalan dan sebagainya menambah sulitnya penanganan sampah’’ jelas Imran Rahman.


Marzal Umar katakan persoalan sampah terutama sampah pasar merupakan persoalan klasik sejak dahulunya karena Padang Ganting tidak memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 


"Jadi sampah ini dibuang ke sini,  bahkan tidak jarang batang air dan bandar menjadi sasaran pembuangan sampah. Persoalan ini sudah sejak lama,  bahkan sejak pasar ini ada sampah ini sudah dibuang kesini," ujar Marzal Umar saat mendampingi Pjs Bupati ke lokasi pembuangan sampah yang berada di tepi Batang Selo yang tidak jauh dari Balai Rabaa. 


Menanggapi hal tersebut, Kadis Perkim LH Dessy Trikorina mengatakan TPA memang tidak ada di nagar-nagari, melainkan hanya satu di Kabupaten Tanah Datar yaitu di Bukit Sangkiang, di sinilah sampah ditumpuk, dipilah dan diolah kembali.


Sementara untuk mengatasi persoalan sampah di Nagari Padang Ganting,  Kecamatan Padang Ganting  terutama persoalan sampah pasar yang menggunung yang selama ini dibuang di tepi batang air, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar melalui  Dinas Perkim LH  berjanji akan mencarikan solusinya.


‘’Sampah di pasar Padang Ganting, secepatnya akan kita sediakan satu kontainer dekat Pasar Rabaa Nagari Padang Ganting dan nanti sampah ini akan dijemput mobil sampah untuk dibuang ke TPA.Kontainer akan segera ditempatkan dekat kawasan pasar dengan syarat warga bersedia memberikan lokasi tempat kontainer diletakkan” ucap Dessy.


Dessy juga mendorong nagari memiliki bank sampah. "Dari 75 nagari, saat ini baru 22 nagari yang memiliki Bank Sampah, dari itu kita terus menghimbau kepada pemerintah nagari dan kecamatan untuk menyediakan bank sampah di masing-masing nagari" ucapnya.


Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril menyebutkan, sejauh ini juga telah mendorong nagari-nagari mendirikan bank sampah dari dana desa atau nagari."Untuk membangun bank sampah, bisa dari anggaran dana desa, bisa melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan bisa juga melalui kelompok yang dibentuk,"jelasnya.


Sementara itu Pjs Bupati Erman Rahman menyampaikan jika Pemerintah Nagari boleh membangun, atau membuat Bank Sampah melalui Anggaran Dana Desa (ADD) dengan catatan tertuang dalam Musrenbang atau Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) Nagari melalui persetujuan bersama.


Pada Kunker  yang diawali dengan diskusi di Aula Kantor Camat itu, Erman Rahman juga menegaskan bahwa untuk saat ini Pemerintah Pusat hingga Kabupaten dan Kota memiliki tugas penting dalam menangani pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Erman Rahman  mengimbau agar memahami kondisi masyarakat yang mulai tidak hirau dengan pandemi Covid-19.


"Kita harus paham dan memaklumi perasaan masyarakat yang sudah tidak hirau dengan kondisi yang sudah berlarut-larut ini,"ucapnya.


"Kami langsung mengadakan pertemuan dengan Forkopimda, dan menemui beberapa persoalan yang dihadapi seperti keterbatasan logistik, minimmya APD terutama APD level tiga, hand sanitizer, dan segala macamnya. Untuk itu langsung kita lakukan penanganan awal dengan memesan APD dan sudah kita terima beberapa waktu lalu yang dikirim dengan helikopter" terang Erman.


Terkait sampah pasar di Padang Ganting, Pjs Bupati minta Dinas Perkim LH untuk segera menyelesaikannya. "Usahakan sebelum pilkada nanti urusan sampah ini sudah teratasi. Selain itu kepada nagari-nagari kita juga imbau untuk melakukan penanganan sampah di nagari masing-masing dengan memanfaatkan Dana Desa" tutupnya.


Turut mendampingi Kadis Perkim LH Dessy Trikorina, Kadis Koperindag Darfizal, Kadis PMDPPKB Nofenril dan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Utri Satria Putra. Rombongan Pjs. Bupati Tanah Datar disambut langsung  Camat Padang Ganting Reni Susanti, Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar, Forkopimca dan beberapa staf Kecamatan dan Perangkat Nagari lainnya di Kantor Camat Padang Ganting. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!